Alasan Mengapa Dollar MenJadi Mata Uang Dunia

In Panduan Forex Pemula by Della Fitriani

dolar

Perekonomian Negara Amerika merupakan salah satu sistem perekonomian yang memiliki pengaruh penting dalam sejarah perekonomian dunia. Bahkan dengan segala pengaruhnya tersebut yang menyeluruh di muka bumi ini menjadikan Amerika sebagai negara yang menjadi panutan bagi negara lain khususnya dalam hal pembangunan sistem perekonomian.

Pada awalnya, perekonomian Amerika tidak berbeda jauh dari negara lainnya. Namun karena rakyat Amerika menjunjung tinggi pengabdian terhadap kepentingan demokratis yang akhirnya menjadikan negara ini sebagai negara yang kuat dalam berbagai bidang di banding negara lain, termasuk dalam bidang perekonomian. Bahkan AS disebut-sebut mampu terus merajai ekonomi global. Berikut 10 alasan kenapa Amerika Serikat bisa terus mendominasi ekonomi global selama bertahun-tahun:

Dengan hanya 4,5% dari populasi dunia, Amerika  menghasilkan satu per lima dari produk domestik bruto (PDB) global. Ekonomi Amerika hampir dua kali lipat dari China jika dihitung dalam bentuk dolar. Lebih dari itu, menurut sebuah laporan, Amerika merupakan salah satu dari negara maju dengan PDB rill yang lebih tinggi dari jumlahnya sebelum krisis.

Bidang manufaktur menghasilkan US$ 1,9 triliun pada 2012, naik 27% dari 2009. Menurut US Trust, jumlah tenaga kerja di sektor tersebut meningkat hingga 500 ribu orang sejak 2010.

Pada saat terjadi resesi AS, ekspor-ekspor dihentikan. Namun pada 2012, total ekspor mencapai US$ 2,2 triliun hampir mencapai 40% peningkatan dari 2009.

Satu alasan lagi yang menjadikan investor di seluruh dunia masih percaya diri menanamkan uangnya dalam mata uang dolar adalah transparansi dan sistem saling mengawasi dalam tubuh pemerintah Amerika Serikat. Selain itu, di negara tersebut hukum sungguh ditegakkan meskipun pihak eksekutif sering diarahkan oleh produk hukum itu sendiri.

Hal tersebut juga menambah keyakinan bahwa investor akan diperlakukan secara adil ketika mereka berinvestasi di Amerika Serikat dan juga produk surat utang mereka tidak akan disalahgunakan secara politis.

Salah satu alasan kenapa pasar lebih memilih mata uang dolar sebagai mata uang yang paling aman adalah infrastruktur, baik politik maupun pemerintahan, Amerika Serikat yang bagus. Antara lain sistem pemerintahan demokratis, institusi publik, pasar finansial, dan kerangka hukum yang bagus. Hal tersebut merupakan standar umum yang menjadi acuan pasar di seluruh dunia.

Pasar utang Amerika di mana utang sekuritas diterbitkan oleh perusahaan dan pemerintah bisa diperdagangkan masih belum ada tandingannya dalam hal jumlah surat utang di pasar dan likuiditasnya. Investor domestik dan internasional terus menanamkan uangnya di produk investasi jenis ini meskipun pemerintah Amerika mempunyai utang yang banyak.

INFO :
Bank sentral mempunyai peran penting dalam perekonomian dengan menjaga kepercayaan dan stabilitas mata uang domestik yang digunakan pada negaranya masing-masing. Nilai tukar mata uang yang stabil dapat membuat stabilitas harga yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi yang sehat. Selain itu, nilai tukar yang stabil dapat menahan gejolak pada perdagangan internasional seperti pada sektor ekspor dan impor.
(Visited 10 times, 1 visits today)