Alasan Mengapa Kamu Harus Berhati-Hati Menggunakan Wi-Fi Publik

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Wi-Fi publik, bagi sebagian orang kehadirannya dapat diibaratkan sebagai oasis di padang pasir. Fasilitas yang kerap ditemui di kafe ini mungkin biasa kamu manfaatkan untuk bekerja atau sekadar menghemat kuota internet seluler. Meski memiliki segudang manfaat, tahukah kamu bahwa Wi-Fi publik memiliki risiko keamanan data yang tinggi? Saat menggunakan fasilitas ini, data penting dan pribadi milikmu sangatlah rentan terekspos, terutama saat kamu mengakses email, membuka situs berisi data sensitif, ataupun berbelanja online.

Kebanyakan Masyarakat Mengabaikan Resiko Keamanan-Nya

Sayangnya, meski penggunaan Wi-Fi publik memiliki risiko keamanan yang nyata, tidak sedikit pengguna yang mengabaikan fakta ini. Sebuah Survei yang dilakukan oleh Norton Cybersecurity terhadap lebih dari 17.000 pengguna di 17 negara, menemukan bahwa sekitar empat puluh persen pengguna internet lebih mencemaskan bakteri yang ada di toilet ketimbang bahaya serangan siber. Meski tidak semua Wi-Fi publik memiliki risiko, kamu tentu harus selalu bijak dan hati-hati saat memanfaatkan fasilitas umum ini.

Berikut Tips menanggulangi bahaya keamanan siber saat menggunakan internet

  1. Jangan menggunakan Wifi Publik untuk membuka email penting , Belanja dan membuka situs perbankkan.
  2. Pastikan membuka situs yang memiliki keamanan lebih.
  3. Gunakan VPN “Virtual Private Network”, merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan Internet (publik). Fungsi VPN adalah Kerahasiaan (Confidentially), Keutuhan data (Data Integrity),  Autentikasi sumber (Origin Authentication).
  4. Menerapkan autentikasi ganda pada setiap akun yang anda miliki.
(Visited 29 times, 1 visits today)