Apa Penyebab Krisis Mata Uang ??

In Panduan Forex Pemula by Della Fitriani

Sejak awal 1990-an, ada banyak kasus investor mata uang yang menyebabkan masalah keuangan seperti pelarian modal. Apa yang membuat investor mata uang dan pemodal internasional merespon dan bertindak seperti ini? Pada artikel ini, kita akan melihat ketidakstabilan mata uang dan mengungkap apa yang sebenarnya menyebabkan hal itu.

Apa itu Krisis Mata Uang?

Krisis mata uang yang dibawa oleh penurunan nilai mata uang suatu negara. Penurunan nilai negatif mempengaruhi perekonomian dengan menciptakan ketidakstabilan nilai tukar, yang berarti bahwa satu unit mata uang tidak lagi membeli banyak. Untuk menyederhanakan masalah ini, kita dapat mengatakan bahwa krisis berkembang sebagai interaksi antara harapan investor dan apa harapan mereka namun apa yang terjadi.

INFO :
Kebijakan pemerintah, Bank Sentral dan Peran Investor Ketika dihadapkan dengan keadaan krisis mata uang, bank sentral dalam ekonomi tukar tetap dapat mencoba untuk mempertahankan nilai tukar tetap saat ini dengan mengambil sebagian ke cadangan devisa negara, atau membiarkan nilai tukar berfluktuasi.

Mengapa memanfaatkan cadangan devisa solusi?

Ketika pasar mengharapkan devaluasi, tekanan ditempatkan pada mata uang dapat benar-benar hanya diimbangi oleh peningkatan suku bunga. Dalam rangka meningkatkan tingkat, bank sentral memiliki solusi untuk mengecilkan jumlah uang beredar, yang pada gilirannya meningkatkan permintaan untuk mata uang. Bank dapat melakukan ini dengan menjual cadangan devisa untuk membuat arus modal keluar. Ketika bank menjual sebagian dari cadangan devisa, menerima pembayaran dalam bentuk mata uang domestik, yang memegang keluar dari sirkulasi sebagai aset.

Anatomi Krisis

Jika kepercayaan investor berkurang, maka mereka akan mencoba mengalihkan uang mereka ke luar negeri. Hal ini disebut sebagai pelarian modal. Setelah investor telah menjual investasi mereka dalam negeri, mereka mengkonversi investasi mereka ke dalam mata uang asing. Hal ini menyebabkan nilai tukar menjadi lebih buruk, kemudian dapat membuat hampir tidak mungkin bagi negara untuk membiayai belanja modal.

Faktor Penyebab Krisis

(Visited 19 times, 1 visits today)