APAKAH ANDA SIAP BER BISNIS SAHAM UNTUK HIDUP?

In Psikologi Trading by Della Fitriani

saham-1

Saham, saat ini menjadi salah satu instrumen investasi yang diminati. Mengapa diminati? Tentunya, saham menaawarkan hasil investasi. Secara umum terdapat dua keuntungan dengan berinvestasi saham. Sebagai pemegang saham, Anda berhak mendapatkan dividen. Dividen adalah uang yang keluarkan perusahaan untuk dibagikan kepada para pemegang saham. Seluruh  perusahaan yang beroperasi selalu memiliki tujuan untuk menghasilkan laba atau keuntungan. Tentu tujuan keuntungan tersebut untuk pemegang sahamnya. Hingga kini investasi di bisnis saham sudah semakin berkembang. Pasalnya anda tidak perlu lagi membeli saham dengan manual, layaknya forex saham pun kini bisa ditradingkan secara online. MFX sendiri menyediakan produk saham-saham bluechip yang bisa anda tradingkan di akun CFD. Pilih sendiri saham yang anda inginkan disini. Klik pada tombol di bawah untuk bergabung.

Apa itu Bisnis Saham

Ada banyak pilihan belajar investasi dan variasi investasi yang dapat Anda gunakan dalam berinvestasi dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Investasi dapat Anda lakukan antara lain dengan menabung,‭ ‬membuka tabungan deposito,‭ ‬membeli tanah dan bangunan,‭ ‬membeli emas maupun membeli surat berharga seperti saham,‭‬obligasi dan lain lain. Pada dasarnya semua pilihan investasi mengandung peluang keuntungan di satu sisi dan potensi kerugian atau resiko di sisi lain.‭ ‬Seperti tabungan dan deposito di bank memiliki resiko kecil karena tersimpan aman di bank,‭ ‬tetapi kelemahannya adalah keuntungannya yang lebih kecil dibandingkan dengan potensi keuntungan dari main saham.‭ ‬Investasi di properti‭ (‬rumah dan tanah‭) ‬semakin lama harganya semakin tinggi,‭ ‬tetapi juga beresiko apabila tergusur atau terjadi , kebakaran terhadap rumah tersebut,‭ ‬sedangkan usaha sendiri‭ (‬wiraswasta‭) ‬beresiko bangkrut‭ ‬/‭ ‬pailit sementara investasi di emas memiliki resiko harga turun.

INFO :
Jangan lupa untuk belajar cara analisa fundamental saham sebelum memulai investasi saham anda..

8 Keuntungan Bisnis Saham

Bisnis saham memberikan kebebasan yang luar biasa, karena tidak ada peraturan baku (peraturan dalam hal strategi kita berbisnis). Hal ini juga mengakibatkan kita tidak perlu terpaku pada jam kantor (08.00-17.00).

Bisnis Saham dapat dilakukan dimana saja asal ada koneksi internet dan gadget. Jadi sambil jalan-jalan or nongkrong di kafe juga okey.

Bisnis saham dapat dilakukan dari modal yang relatif kecil. Modal bisnis saham relatif kecil jika dibandingkan investasi lainnya, dengan modal 5 juta saja anda bisa membuka account di sekuritas, bahkan dengan satu juta anda bisa memulai transaksi.

Bisnis Saham sangat mudah ditransaksikan, untuk melakukan jual-beli anda hanya perlu menelepon broker, bahkan dengan kecanggihan teknologi sekarang sudah ada online trading sehingga anda hanya perlu mengetik mouse serta memencet keyboard, dan transaksi pun terlaksana (namun hal ini juga ada dampak negatif di pergerakan naik turunnya saham yang bisa sangat cepat sekali).

Bisnis saham bersifat likuid dan transparan, di dalam dunia persahaman Anda bisa melihat dengan jelas berapa jumlah lot yang ditawarkan maupun diminta. Apalagi dengan dibentuknya OJK, pemerintah bisa lebih mengawasi dunia pasar modal di Indonesia.

Aman, aman disini bukan berarti risiko bisnis saham sangat kecil/pasti untung, namun adanya peraturan pemerintah mengenai pemisahan rekening nasabah dan sekuritas, semua dana nasabah berada di dalam rekening masing-masing dan bukan rekening sekuritas. Saham pun dititipkan di lembaga bernama KSEI, dan investor akan memiliki kartu AKSES sebagai bukti kepemilikan account di KSEI. Kapanpun investor bisa mengecek saham yang dia miliki.

Bisnis saham menawarkan keuntungan yang sangat besar (banyak orang sangat tertarik pada alasan ke 7 ini, namun baca aturan pakai yaaaa… (disclamer on) soalnya banyak juga yang rugi atau bahkan bunuh diri gara-gara tergiur keuntungan yang sangat besar tanpa disertai pengetahuan dan pengalaman yang memadai).

Keuntungan yang dihasilkan perusahaan menjadi milik pemegang saham, padahal yang bekerja keras adalah direksi, komisaris, manajer dan seluruh karyawan tapi mereka hanya menerima gaji dan bonus. Mereka tidak punya hak untuk mendapat bagian dari keuntungan perusahaan.

Warning :
Tingkat risiko ini juga membuat seseorang tidak disarankan berinvestasi secara asal-asalan. Sangat penting mengetahui cara belajar investasi reksa dana saham.
(Visited 41 times, 1 visits today)