Aplikasi Ayo Mudik dari Kemkominfo Beri Info Lengkap Seputar Perjalanan Mudik

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Pembuatan aplikasi Ayo Mudik dilakukan oleh pemerintah sejak dua bulan yang lalu. Berbeda dengan aplikasi sejenis yang memang sudah banyak beredar di masyarakat, kelebihan Ayo Mudik terletak pada integrasi menyeluruh dari sejumlah data yang dimiliki pemerintah. Dengan ketersediaan informasi lalu lintas dan juga layanan publik yang terdapat dalam aplikasi Ayo Mudik, Kemkominfo berharap dapat mendukung kenyamanan dan kelancaran prosesi mudik lebaran di tahun 2017.

Aplikasi Ayo Mudik hasil kolaborasi dengan Kudo

Selain dengan instansi layanan umum dan pemerintahan, aplikasi Ayo Mudik juga merupakan bentuk kolaborasi Kemkominfo bersama Kudo. Startup yang pada tanggal 3 April 2017 lalu resmi diakuisisi Oleh Grab tersebut ditunjuk sebagai developer untuk pengembangan aplikasi Ayo Mudik. Dalam siaran persnya, CEO sekaligus Co-Founder Kudo Albert Lucius mengaku cukup antusias dengan program kolaborasi ini. Menurutnya, pengembangan aplikasi ini sejalan dengan misi mereka dalam membantu masyarakat, khususnya dalam ketersediaan akses informasi.

Baru mencakup informasi di Pulau Jawa

Sayang jangkauan informasi dari layanan aplikasi ini baru terbatas di rute mudik Pulau Jawa. Keterbatasan cakupan informasi ini kemungkinan membuat sebagian pengguna aplikasi Ayo Mudik kecewa, karena tidak mencakup jalur mudik di kawasan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan lainnya.

Meski demikian, tim pengembang aplikasi Ayo Mudik telah menjanjikan pembaharuan aplikasi melalui halaman Google Play mereka. Belum jelas apakah pengembangan yang dimaksud adalah perluasan cakupan informasi di luar Pulau Jawa. Jika hal itu terwujud, aplikasi Ayo Mudik bisa menjadi aplikasi informasi terpadu yang akan sangat bermanfaat bagi pemudik di tahun 2017.

(Visited 13 times, 1 visits today)