AUD/USD Sedikit Naik, Masih Di Level Rendah Kemarin

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

audusdDolar Australia tampak naik 0.1 persen terhadap Dolar AS di sesi perdagangan Rabu (05/Apr) pagi ini. Bank Sentral Australia (RBA) kemarin telah mengumumkan hasil rapat kebijakan moneternya yang tanpa perubahan. Suku bunga acuan RBA dipertahankan di level 1.50 persen sejak bulan Agustus 2016. Selain itu berikut ini beberapa poin yang dapat dipetik dari pernyataan kebijakan RBA:

Selain tak mengubah suku bunga acuan, RBA juga mengatakan bahwa ekonomi Australia masih melanjutkan masa transisi setelah boom investasi pertambangan. Data-data ekonomi terbaru masih konsisten menunjukkan pertumbuhan yang moderat. Tak lupa, RBA juga men-jawboning mata uangnya. Mereka menyebutkan bahwa apresiasi nilai tukar Dolar Australia akan membingungkan perekonomian yang sedang menyesuaikan diri di masa transisi.

Pernyataan tentang sektor properti ini termasuk yang paling disorot oleh pasar. Dalam sebuah paragraf khusus, RBA menuliskan bahwa mereka mendukung kebijakan Australian Prudential Regulation Authority (APRA) dan The Australian Securities and Investments Commission (ASIC) mengenai “interest-only lending” untuk kredit perumahan.

Kondisi pasar tenaga kerja dinilai beragam oleh RBA. Beberapa indikator menunjukkan kondisi yang sedikit melemah akhir-akhir ini. Tingkat Pengangguran bergerak sedikit meninggi, sedangkan pertumbuhan lapangan kerja berada dalam tingkat yang sedang.

Keputusan RBA untuk mempertahankan kebijakan moneternya sekarang sudah diekspektasikan. Namun, disinggungnya masalah tenaga kerja dan industri perumahan, membuat Dolar Australia punya cukup alasan untuk bearish. Beberapa saat pasca kebijakan tersebut diumumkan, AUD/USD menurun hingga 42 pip ke angka 0.7563. Sedangkan AUD/NZD menurun 0.21 persen ke angka 1.0835.

Informasi
Rabu (05/Apr) siang ini, AUD/USD diperdagangkan di angka 0.7564, menjauh dari low 1.0636 yang tercapai pada sesi perdagangan sebelumnya. Meski demikian, AUD/USD masih berada di level rendah sejak kemarin.
(Visited 13 times, 1 visits today)