Berita Bohong di Facebook Kini Ditandai

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

hoax

Laman media sosial Facebook berkomitmen untuk memberantas unggahan berupa berita palsu dan bohong. Untuk menunjukkan komitmen itu, Facebook mengembangkan alat pendeteksi berita palsu.

Kami sangat yakin dalam memberikan hak bersuara pada para pengguna dan kami tidak bisa menjadi penengah dalam masalah ini, jadi kami melakukan pendekatan dengan hati-hati. Kami fokuskan upaya kami pada yang buruk dari yang terburuk dalam menghapus berita bohong yang disebar spammer untuk kepentingan mereka, dan merangkul komunitas kami serta pihak ketigaWakil Presiden Desain Produk Facebook Adam Mosseri

Perubahan ini akan memudahkan pengguna Facebook melaporan berita bohong. Hal itu sangat mudah dilakukan dengan cara mengklik sudut kanan atas dari unggahan. Facebook sangat mengandalkan pengguna untuk mendeteksi berita palsu. Facebook juga akan melibatkan pihak ketiga untuk mendeteksi fakta di unggahan yang telah dilaporkan.

Fitur-fitur pelaporan dikeluarkan bersama fitur perubahan lainnya

facebook hoax warning jpeg

Fitur-fitur pelaporan baru dikeluarkan bersama fitur perubahan lainnya yang dirancang untuk mencegah penyebaran informasi palsu. Facebook mendapat kritikan luas bulan lalu setelah banjir laporan berita palsu yang disebut mempengaruhi pemilihan presiden Amerika Serikat. Fitur-fitur baru itu mencakup kemampuan untuk menandai berita bohong, serta kemungkinan perubahan terhadap algoritma Facebook.

Kami meyakini prinsip memberikan suara pada orang-orang dan bahwa kami tidak bisa menjadi penengah dari kebenaran sendirian, jadi kami melakukan pendekatan terhadap masalah ini dengan hati-hatiPerwakilan Facebook

Yang mengoperasikan skema tersebut adalah Poynter

Poynter, perusahaan yang mengoperasikan skema tersebut, mengatakan mereka ‘membahas ulang’ proses aplikasi sesudah keluarnya keputusan Facebook itu.

Facebook mengungkapkan berita-berita yang ternyata palsu setelah dicek kebenarannya, akan ditandai dengan tautan yang menjelaskan mengapa. Berita-berita bohong itu juga akan berada di posisi terbawah dalam lini masa.

Berita-berita yang dipertikaikan juga akan dilengkapi peringatan kepada para pengguna sebelum mereka membagikan kabar yang bisa jadi merupakan berita bohong itu.

Perusahaan jejaring sosial itu mengatakan sedang terus mengembangkan fitur-fitur lainnya di masa yang akan datang.

Salah satu fitur akan menguji apakah orang-orang ‘secara signifikan lebih kecil kemungkinannya’ untuk berbagi berita setelah benar-benar membaca suatu artikel.

(Visited 27 times, 1 visits today)