Bukalapak dan TIKI Umumkan Fitur Kode Booking, Apa Keunggulannya?

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Selama ini, pedagang di berbagai situs e-commerce harus melewati beberapa tahap ketika akan mengirimkan barang pesanan konsumen. Mulai dari mendatangi agen penyedia layanan logistik, mendapatkan nomor resi, dan memasukkan nomor resi secara manual sebagai bukti bahwa barang telah dikirim. Meski terlihat sederhana, proses ini terbilang memakan waktu. Karena itu, marketplace tanah air Bukalapak kini berencana meluncurkan fitur Kode Booking demi mempermudah penjual dalam proses alur pengiriman barang. Pelayanan dalam fitur ini telah bekerja sama dengan PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI), sebagai salah satu penyedia layanan logistik di Indonesia.

Tujuan KerjaSama

Menurut Co-Founder sekaligus Chief Financial Officer Bukalapak, Fajrin Rasyid, pada prinsipnya fitur ini ingin membantu pelapak Bukalapak agar tidak dua kali kerja dalam proses pengiriman barang. Fajrin mencontohkan ketika ada pelapak A yang ingin mengirimkan barang pesanan ke Bandung. Dengan fitur Kode Booking, data alamat pengiriman pada nomor transaksi yang sudah dimasukkan dalam sistem Bukalapak akan langsung terintegrasi ke sistem TIKI. Setelah itu, dari nomor transaksi itu akan keluar nomor resi yang otomatis masuk ke dalam sistem Bukalapak. Sehingga nantinya pelapak tak perlu lagi memasukkan nomor resi secara manual. Pelapak justru tinggal melampirkan nomor resi saat pengiriman barang. Fitur Kode Booking ini kurang lebih sama dengan fitur Resi Otomatis yang merupakan hasil kerja sama antara Bukalapak dengan Pos Indonesia.

Kita berusaha dalam satu atau dua bulan ini sudah bisa berjalan, karena kita tidak mau menunggu terlalu lama. Tapi saya belum berani menjanjikan kapan tanggal pastinya. Karena ini tergantung diskusi IT dua perusahaan,” kata Fajrin saat ditemudi di Plaza City View, Kemang, Jakarta Selatan. Adapun fitur Kode booking ini juga mirip dengan fitur resi digital milik SiCepat Ekspres. Bedanya, SiCepat Ekspres tak membatasi hanya pedagang dari marketplace atau e-commerce tertentu yang bisa memakai fitur tersebut.

Sebelumnya, Tokopedia dan JNE juga sudah mengumumkan kerja sama terkait sistem input nomor resi otomatis. Dengan fitur ini, pembeli tidak perlu lagi repot memasukkan nomor resi secara manual. Pengguna tinggal membawa kode booking yang diterima dari Tokopedia ketika ada pesanan masuk. Setelah membawa dan mengirimkan produk dengan JNE, nomor resi otomatis akan masuk ke dalam akun pembeli dan penjual.

Belum tentukan minimum pick up


Lantaran nomor resi bisa keluar secara otomatis dalam fitur kode booking, timbul pertanyaan apakah Bukalapak dan TIKI juga sudah sepakat berapa minimum barang yang bisa mendapat fasilitas pick up atau penjemputan. Fajrin menuturkan tak tertutup kemungkinan ada semacam batasan minimum order bagi pelapak yang ingin mendapatkan fasilitas pick up dari TIKI. Namun berapa minimumnya, ia mengaku hal itu masih dalam tahap pembahasan. “Bisa juga begini, misalnya yang pengirimannya sedikit tapi lokasinya dekat dengan TIKI, itu mungkin bisa dijemput. Tapi kalau agak jauh, ada minimumnya. Berapa besarannya, masih didiskusikan,” ucapnya.

(Visited 24 times, 1 visits today)