Bukalapak Segera Luncurkan Fitur BukaEmas, Bidik Masyarakat Daerah

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Bukalapak berencana segera meresmikan fitur terbarunya yakni BukaEmas mulai minggu kedua Juni 2017. Melalui fitur ini, pengguna bisa membuka tabungan emas Antam secara online mulai dari 0,005 gram. Menurut Founder sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky, pihaknya menyediakan fitur ini karena ingin menghadirkan platform jual beli emas yang simpel sehingga bisa menjangkau lebih banyak masyarakat di daerah.Melalui fitur ini, pembelian emas juga tak harus tunai karena telah disediakan opsi cicilan. Tabungan emas kemudian akan disimpan di virtual box milik Antam, dan pengguna baru bisa menarik emas simpanannya dalam bentuk fisik jika minimal sudah mencapai 0,5 gram.

Akankah jadi saingan Pegadaian?

Lantaran proses pembukaan tabungan emas di BukaEmas dilakukan secara online, Zaky menilai fitur ini tidak bersaing dengan produk tabungan emas milik Pegadaian. “Ini (BukaEmas) full teknologi. Kalau tabungan emas Pegadaian kan harus datang, gitu enggak sih? Kayaknya offline banget. Beda pasar saja sih. Kita menyasarnya benar-benar lewat teknologi,” ujar Zacky saat ditemui di Restoran Bunga Rampai, Jakarta Pusat, belum lama ini. Sejauh ini, calon nasabah yang tertarik membuka tabungan emas di pegadaian harus datang ke kantor cabang dengan melampirkan fotokopi identitas diri dan mengisi formulir pembukaan rekening.

Adapun selain Bukalapak, Zacky menuturkan dirinya belum mendengar ada marketplace lain yang menyediakan layanan serupa. Pihaknya, kata Zacky, ingin menjadi marketplace pertama yang menyediakan fitur tabungan emas. Hingga kini, baru ada e-commerce seperti Bhinneka yang menjual produk logam mulia emas Antam.  Bedanya, Bhinneka hanya melayani pembelian secara tunai atau kredit, dan bukan dalam bentuk tabungan emas.

Profit dari selisih harga

Zacky mengungkapkan fitur BukaEmas mendatangkan profit bagi Bukalapak melalui selisih harga jual beli emas. Dari selisih itu, Bukalapak dan Antam sudah sepakat mengenai pembagian keuntungannya. Kan ada harga jual, ada harga beli. Ada selisihnya tuh, Antam ngambil dari sini. Kami dikasih bagian dari Antam. Terus kalau ada yang beli emas, Antam dapat margin, kita juga dapat bagian. Revenue kita dari penjualan emas sama selisih (harga) jual beli,” jelasnya. Konsep ini, kata Zacky, kurang lebih sama seperti yang mereka terapkan pada Bukareksa. Pada fitur Bukareksa, Bukalapak tidak menarik biaya dari pengguna. Namun mereka sudah mendapat profit dari kesepakatan pembagian keuntungan dengan Bareksa.

(Visited 41 times, 1 visits today)