Cara Berpikir Itu Menentukan Kesuksesan

In Psikologi Trading by Reza Pahlevi

yang sama dengan teman-teman yang lain. Bahkan, kita mempelajari pelajaran dengan waktu yang sama dengan mereka. Tetapi kenapa hasil kemampuan setiap orangnya berbeda? Ada yang mendapatkan rangking pertama, kedua, ketiga, atau bahkan ada yang mendapatkan rangking terakhir. Ternyata alasan seseorang tidak bisa menguasai materi pelajarannya itu bukan karena tidak mendapatkan materi pelajaran yang sama dengan teman lainnya, tetapi yang membedakannya adalah lebih kepada pola pikir.

Ya, pola pikirlah yang membedakan seseorang hingga ada orang yang bisa meraih kesuksesan dan ada juga yang kurang beruntung. Kita telah banyak mempelajari strategi, sistem, ataupun mempelajari indikator. Tetapi mungkin kita belum pernah merubah pola pikir kita terhadap sebuah trading. Inilah yang penting, karena sebanyak apapun materi pelajaran yang kita lahap, hal itu tidak akan pernah bisa merubah cara kita ber-trading apabila kita tidak merubah cara berpikir kita sendiri.

Cobalah beristirahat sejenak dari trading yang kita lakukan. Tanyakanlah banyak hal kepada diri, agar mengetahui bagaimana kita harus mengubah pola pikir yang mungkin selama ini sudah terjebak dengan sumpeknya menghadapi analisa dan indikator. Tanyakanlah pada diri sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan mendasar, “Bagaimana saya harus bijak menghadapi market?” Pada intinya, tanyakan semua yang bisa merubah pola pikir kita dalam memandang trading Forex.

Jangan hanya terjebak dengan menganalisis indikator dan fundamental saja. Sebab pada kenyataanya hal ini juga tidak banyak membantu terhadap perdagangan yang kita lakukan, kalau kita sendiri tidak mengubah apa yang ada dalam diri dan mengubah cara berpikir kita terhadap pergerakan pasar. Jadi yang membedakan seseorang bisa medapatkan ranking pertama di kelas itu adalah pola pikir. Coba disimak apa yang membedakan kita yang selalu terpuruk dalam trading, dengan orang yang sukses dalam melakukan tradingnya. Karena di sana pasti akan ada perbedaannya.

Note :
Jadi, mulailah mengubah pola pikir dan gali terus potensi yang ada dalam diri. Saya yakin kita sudah sangat cukup menguasai teknik perdagangan pada chart, tetapi kita belum cukup untuk mengatur semua potensi yang ada dalam diri kita, termasuk mind-set.
(Visited 14 times, 1 visits today)