Donald Trump Batal Keluarkan AS Dari NAFTA, Dolar Terkapar

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

donaldDolar Kanada dorong jatuh Dolar AS menyusul kabar dari Gedung Putih bahwa Presiden Trump setuju untuk tidak menarik Amerika Serikat dari NAFTA dalam waktu dekat. USD/CAD terjun ke kisaran 1.3536 dari sebelumnya di 1.3648. Selain itu, meski terseok, Dolar AS juga masih berusaha mempertahankan perolehannya terhadap Yen Jepang di sesi Asia pada hari Kamis (27/Apr) ini. USD/JPY diperdagangkan di angka 111.23, naik 0.2 persen dari posisi sebelumnya. Kemarin, pair tersebut sempat menggapai posisi 111.80, namun reli terhenti karena rencana pajak dari Donald Trump dianggap tidak memberikan kejutan.

Trump berencana untuk memotong pajak pemasukan yang dibayarkan oleh perusahaan-perusahaan pemerintah menjadi 15 persen dari 35 persen, dan mengurangi pajak usaha ke level 15 persen saja dari sebelumnya di angka 39.6 persen. “Rencana pajak Trump tidak memenuhi ekspektasi dibandingkan dengan apa yang diberitakan oleh media-media dalam beberapa minggu terakhir. Rencana Trump tersebut terkesan ambisius, padahal fondasinya goyah, terutama dari perspektif revenue,” kata Junichi Ishikawa, Ahli Strategi Forex Senior di IG Securities Tokyo. “Jadi karena itulah, pasar khawatir kalau ingin mendorong Dolar lebih tinggi lagi. EUR/USD naik 0.1 persen ke angka 1.0911. Minggu ini menjadi minggu yang paling menguatkan Euro menyusul hasil Pemilu Presiden Prancis putaran pertama di awal pekan lalu, menjadi pompa bagi Euro untuk mencapai high 5 1/2 pekan. Perolehan Euro minggu ini juga dikarenakan oleh ekspektasi perubahan arah kebijakan ECB dalam beberapa bulan ke depan, dimana ada harapan untuk bank sentral tersebut mengurangi stimulus moneternya. Hari ini, ECB mengadakan rapat kebijakan moneter, dan pengumumannya akan diumumkan sore nanti. Pasar memperkirakan, hasil Pemilu Prancis sedikit banyak akan memengaruhi kebijakan ECB.

Note :
Di sisi lain, AUD/USD menunjukkan sedikit kenaikan ke angka 0.7478, setelah sempat mundur ke angka 0.7455 kemarin akibat data ekonomi Australia yang kurang memuaskan.
(Visited 14 times, 1 visits today)