Hadapi Kenaikan Transaksi Gadai Jelang Lebaran, Pinjam.co.id Hadirkan Layanan Gadai Instant

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Menjelang hari raya Idul Fitri, kebutuhan dana masyarakat biasanya mengalami peningkatan, seperti untuk menjalankan usaha dadakan atau keperluan mudik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak orang yang kemudian memanfaatkan jasa gadai. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan transaksi gadai sebesar sebelas persen yang dialami PT. Pegadaian. Hal ini pun diamini oleh CEO startup gadai online Pinjam, Teguh B. Ariwibowo. Ia menyatakan kalau sejak minggu pertama hingga ketiga bulan Ramadan, terjadi kenaikan transaksi sebesar empat ratus persen di platform miliknya bila dibandingkan dengan tahun 2016. “Saya prediksi tren ini akan terus meningkat hingga hari raya Idul Fitri,” tutur Teguh.

Percepat proses dengan Gadai Instant

Pinjam sendiri sebenarnya telah mempersiapkan diri untuk menghadapi lonjakan transaksi gadai tersebut dengan menghadirkan fitur Gadai Instant di bulan Mei 2017. Dengan fitur tersebut, proses penaksiran harga barang yang digadaikan akan dilakukan langsung di tempat. Namun, saat ini fitur tersebut baru bisa menjangkau daerah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Rencananya, mereka akan memperluas ke Jakarta Pusat dan Jakarta Utara setelah Lebaran. Sejauh ini kami telah menerima seratus pengajuan gadai lewat fitur Gadai Instant. Sayangnya kebanyakan dari pengajuan tersebut berasal dari daerah yang belum kami jangkau,” ujar Rudi Sanjaya, COO Pinjam.

Rombak teknologi demi mudahkan akses pengguna

Selain menghadirkan layanan Gadai Instant, saat ini Pinjam pun tengah berusaha untuk merombak “dapur” teknologi mereka. Hal ini mereka lakukan demi menjangkau pengguna yang berasal dari kalangan menengah ke bawah. Kalau kita lihat, masyarakat menengah ke bawah menggunakan smartphone yang tidak terlalu canggih, dengan ROM yang terbatas. Itulah mengapa Pinjam tidak memiliki aplikasi mobile. Kami tengah memikirkan bagaimana caranya agar web kami bisa tampil di hadapan pengguna dengan memori dan data yang hemat,” ujar Sofian Hadiwijiaya, CTO Pinjam. Sebagai solusi, Sofian dan timnya kini sedang mengembangkan fitur add to home screen di halaman situs mobile Pinjam.

(Visited 21 times, 1 visits today)