Harga Minyak Dunia Turun, Bagaimana dengan BBM Juli?

In Berita Fundamental Ekonomi by Della Fitriani

Harga minyak dunia bergerak turun pada perdagangan Senin (Selasa pagi WIB). Penurunan harga terjadi karena ketegangan geopolitik di Timur Tengah menimbulkan kekhawatiran pasar. Uni Emirat Arab (UAE), bersama Arab Saudi, Bahrain dan Mesir pada Senin (5/6) memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, menuduh negara Teluk itu mendukung dan membiayai terorisme serta mencampuri urusan dalam negeri mereka. Langkah dramatis itu meningkatkan perselisihan mengenai dukungan Qatar terhadap Ikhwanul Muslimin, gerakan Islam tertua di dunia, dengan menambahkan tuduhan bahwa Doha bahkan mendukung pesaing utama negara Arab, Iran.

Pendapat Para Analis Terkait Pemutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar

Para analis mengatakan keputusan sejumlah negara Arab untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar yang kaya gas akan memberlakukan isolasi regional ketat pada Doha, dan menimbulkan kekhawatiran tentang kesepakatan global untuk mengurangi produksi minyak. Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, turun 0,26 dolar AS menjadi menetap di 47,40 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus melemah 0,48 dolar AS menjadi ditutup pada 49,47 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. Uni Emirat Arab (UAE), bersama Arab Saudi, Bahrain dan Mesir pada Senin (5/6) memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, menuduh negara Teluk itu mendukung dan membiayai terorisme serta mencampuri urusan dalam negeri mereka.

Pemerintah Indonesia akan mengkaji harga Bahan Bakar Minyak (BBM)

Pemerintah akan mengkaji harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar bersubsidi ‎untuk periode Juli 2017. Kedua jenis BBM tersebut tidak mengalami perubahan sejak Januari 2017. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, perubahan harga BBM akan dibahas terlebih dahulu di Sidang Kabinet (Sidkab). Oleh karena itu, keputusan perubahan harga Premium dan Solar subsidi berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kami lihat lagi apakah ada perubahan harga eceran atau tidak. Inikan kita akan melewati puasa dan LebaranJonan, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta
(Visited 19 times, 1 visits today)