Hindari Jadi Trade Hunter

In Psikologi Trading by Reza Pahlevi

Salah satu kunci untuk menjadi trader forex yang berhasil adalah kesabaran. Jika Anda ingin selalu mempunyai posisi trading atau memasang target keuntungan setiap minggu atau setiap bulan, besar kemungkinan Anda tidak akan memperolehnya. Yang mungkin ironis dalam mencapai sukses dalam trading adalah Anda tidak harus peduli apakah akan profit atau akan mengalami loss pada setiap trade, dan ini sulit dilakukan oleh kebanyakan trader. Menghilangkan tekanan untuk harus profit pada setiap trade adalah langkah awal yang baik guna mengembangkan cara berpikir yang tepat dalam trading.

Salah satu kenyataan yang akan membantu Anda untuk bisa selalu sabar dalam trading adalah bahwa pasar masih akan ada dan tetap bergerak besok. Anda tidak harus menjadi pemburu pasar atau trade hunter, dan khawatir besok tidak ada kesempatan untuk membuka posisi trading. Berikut ini keadaan dimana Anda bisa mengingat bahwa pasar masih akan ada dan tetap bergerak, sehingga akan membantu Anda untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu dan selalu sabar dalam trading.

Sering kali trader merasa sangat percaya diri setelah memperoleh profit yang besar atau profit yang beruntun, dan biasanya tidak lama kemudian mengalami kerugian besar akibat mempertinggi frekuensi entry atau memperbesar ukuran volume trading. Ketika Anda mengalami keadaan tersebut, saatnya Anda mengingat bahwa pasar masih akan ada dan tetap bergerak besok. Anda sebaiknya beristirahat untuk menghilangkan rasa terlalu percaya diri tersebut. Pasar masih akan bergerak besok, dan kesempatan yang sama akan selalu ada.

Trader sering exit terlalu dini walaupun telah menentukan target profit sesuai dengan money management yang direncanakan, akibatnya hasil trading tidak optimal, bahkan kadang rugi. Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran akan mengalami kerugian akibat perubahan kondisi pasar. Agar tidak terlalu cepat menutup posisi, trader harus ingat bahwa pasar masih akan ada dan tetap bergerak besok. Trader tidak akan tahu pasti bagaimana pergerakan pasar besok, dan tidak harus khawatir pada apa yang diperkirakan.

Ketika Anda merasa harus entry karena sudah sekian lama tidak mempunyai posisi trading atau ingin menambah posisi, tetapi kondisi pasar tidak mendukung . Anda tidak harus memaksakan diri untuk entry dan ingat bahwa pasar masih akan ada dan tetap akan bergerak besok. Hindari jadi trade hunter.

Tekanan emosi seperti stress akan sangat mengganggu konsentrasi dalam trading. Jika mengalami hal seperti ini sebaiknya Anda tidak memaksakan diri masuk pasar, dan ingat bahwa pasar masih akan ada dan tetap bergerak besok.

Catatan :
Hindari jadi trade hunter. Kesabaran dan kesadaran bahwa pasar masih akan ada dan tetap bergerak akan menyebabkan Anda ‘tune-in’ dengan kondisi pasar.
(Visited 17 times, 1 visits today)