Ingat Reli Dolar yang Menakjubkan di tahun 2014? Ini giliran Euro

In Berita Fundamental Ekonomi by Della Fitriani

Anda mungkin berpikir bahwa trading refleks telah mati. Sebenarnya, perjalanannya hanya melintasi Atlantik. Alih-alih bertaruh pada dolar dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di A.S., investor mata uang akan menghadapi kemungkinan bahwa hari-hari terbaik dolar berada di belakangnya setelah tiga tahun memecahkan rekor kekuatan. Semakin banyak, para pedagang mulai mengandalkan euro untuk mengambil tempat dolar sebagai perdagangan menyeluruh pasar senilai $ 5,1 triliun. Sepintas, euro nampaknya seperti kandidat yang tidak mungkin menjadi yang unggul: Wilayah ini memiliki suku bunga deposito negatif, dan Bank Sentral Eropa membeli obligasi setiap bulan untuk mendukung harga aset dan ekonomi. Tetapi dengan memudarnya risiko politik, ekonomi pulih dan ekonom mulai melihat penskalaan pelonggaran kuantitatif di cakrawala – seperti yang mereka lakukan untuk Federal Reserve pada tahun 2014 – euro dapat memulai apresiasi multi tahun yang merupakan peniru Dolar.

Ada kenaikan total dari optimisme total ini sejak kami melakukan pemilihan di A.S. di mana setiap orang mengalami bullish dolar, bullish secara politis, bullish siklis, “kata David Bloom, kepala strategi mata uang HSBC Holdings Plc, dalam sebuah wawancara Bloomberg Television. “Anda duduk di sini hari ini – itulah sikap Eropa dan bukan Amerika Serikat

HSBC tidak sendiri. Investor menumpuk ke euro pada kuartal ini, membantunya mengatasi hampir semua mata uang utama, sebuah prestasi yang belum dicapai sejak 2013. Sementara itu, dolar turun terhadap mayoritas mitra kerja.

Analis yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan ramalan mereka untuk mengikuti kenaikan euro tahun ini. Mata uang bersama sudah naik 5,9 persen tahun-to-date, setelah terjun 6,4 persen pada kuartal keempat di tengah optimisme kebijakan pro-pertumbuhan yang diperjuangkan Donald Trump.

INFO :
Euro telah menguat 7,6 persen terhadap yen dalam dua bulan terakhir, sebuah rally yang lebih besar daripada pasangan dolar utama lainnya. Analis menaikkan perkiraan mereka pada 2017 euro-yen pada laju tercepat bulan lalu, sementara kurangnya perhatian dari Bank of Japan mengenai waktu yang meruncing minggu lalu mendorong pasangan tersebut mendekati level tertinggi dalam 14 bulan.
(Visited 15 times, 1 visits today)