Ketahui strategi trading saat breakout⁠⁠⁠⁠

In Strategy Trading by Della Fitriani

Apa arti istilah breakout dalam forex trading ?

Breakout adalah bergeraknya grafik keluar dari batasan range harga yang selama ini menjadi tempat berkutatnya pergerakan harga, dengan adanya breakout terciptalah harga yang lebih tinggi atau lebih rendah dari beberapa periode sebelumnya.

Arti lain yang dimaksud breakout adalah tertembusnya support atau resistence.

Pengertian breakout lainnya adalah pergerakan grafik yang panjang dalam waktu singkat (munculnya candlestick berbadan panjang), dimana sebelumnya grafik cenderung mendatar.

Titik terjadinya break out

Titik terjadinya break out atau jebol atap digambarkan sebagai tanda bintang berwarna hijau.

Jika kita membeli sebelum terjadi break out (area nomor 1),di satu sisi tindakan ini cukup beresiko karena belum tentu break out terjadi meskipun sudah nampak gejalanya. Namun sisi positifnya,ketika break out benar-benar terjadi maka kita boleh tersenyum karena kita mendapat harga lebih murah.

Nah, ketika terjadi break out yang didukung dengan volume perdagangan yang tinggi (ditunjukkan oleh diagram batang volume yang melompat), maka biasanya harga juga naik dengan cepat. Ketika terjadi konfirmasi break out,harga sudah berada jauh di atas titik break out

Dalam tren pasar yang berkembang, umumnya orang akan berlomba-lomba melakukan buy ketika harga bergerak naik. Karenanya, strategi Breakout dilakukan dengan menunggu pasar mencapai titik resisten lalu masuk (buy) di atas (breakout) titik tersebut. Jika tren bullish yang berlangsung cukup kuat, maka harga akan bergerak ke titik yang lebih tinggi lagi. Sebaliknya, orang akan cenderung ramai-ramai sell jika harga merosot. Karenanya, posisi sell dalam strategi Breakout dilakukan dengan menunggu pasar mencapai titik support tertentu, lalu masuk (sell) di bawah titik tersebut. Jika tren bearish cukup kuat, maka harga bakal terus menurun ke level yang jauh lebih rendah.

Pada keadaan Downtrend anda perlu menentukan level support yang terdekat, kemudian level saat sekarang  Downtrend yang sedang kuat XAU/USD akan membentuk level terendah baru agar keadaan downtrend lebih berlanjut teknik yang sangat efektif adalah saat kondisi seperti ini Entry Posisi Sell ditentukan pada level terendah saat ini gunakan time frame 4 jam (H4) lalu tentukan level stop loss dan Take Profit sesuai dengan management resiko yang ada tetapkan

(Visited 39 times, 1 visits today)