Kondisi Bisnis Australia Cerah, AUD/USD Mendaki

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Pengukuran terhadap kondisi bisnis Australia untuk bulan Juni, menunjukkan kenaikan ke level tertinggi sejak awal tahun 2008. Meningkatkanya penjualan dan profit dalam berbagai rentang industri, menjadi sinyal bahwa ekonomi Australia mulai bangkit pasca penurunan di awal tahun.

National Australia Bank (NAB) melakukan survei terhadap 400 perusahaan untuk menghimpun Indeks Kondisi Bisnis. Hasilnya, ada kenaikan sebanyak empat poin ke angka +15 pada bulan Juni. Sedangkan, hasil survei yang mengukur Kepercayaan Bisnis bertambah satu poin menjadi +9.

“Sebagian besar industri tampil baik dalam survei tersebut. Ini merefleksikan positifnya lingkungan ekonomi yang lebih luas,” kata Kepala Ekonom NAB, Alan Oster. “Kenaikan dalam kondisi (bisnis) sebagian besar terdorong oleh menguatnya kondisi perdagangan dan profitabilitas. Ini sekaligus menunjukkan kebutuhan permintaan yang lebih banyak. Sementara itu, kondisi ketenagakerjaan tampak stabil.” Hasil survei yang menggembirakan ini sejalan dengan meningkatnya aktivitas ekonomi, menyusul cuaca buruk yang melanda Australia di kuartal pertama, sehingga menyebabkan pertumbuhan hanya tertahan di kisaran 0.3 persen.

Bank Sentral Australia (RBA) berargumen bahwa pertumbuhan ekonomi akan kembali hidup apabila tingkat suku bunga tetap dipertahankan pada level 1.5 persen, demikian yang mereka nyatakan dalam rapat kebijakan terbaru minggu lalu. Survei yang mengukur penjualan melonjak sebanyak 6 poin ke level yang sangat kuat pada bulan Juni, yakni +21. Sementara itu, laba perusahaan naik lima poin ke +15. NAB mengatakan bahwa hasil tersebut konsisten dengan penciptaan lapangan kerja tahunan yang berada dalam kisaran 240,000 atau sekitar 20,000 lapangan kerja per bulan.

Informasi
Menanggapi laporan Kepercayaan Bisnis NAB, Dolar Australia terlihat tenang beberapa saat setelah laporan dirilis. AUD/USD diperdagangkan pada kisaran 0.7608. Akan tetapi, saat berita ini dirilis, AUD/USD sudah menunjukkan kenaikan tipis dengan diperdagangkan di angka 0.7616.
(Visited 11 times, 1 visits today)