Kumpulan Ekstensi Chrome untuk Meningkatkan Produktivitas

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Maraknya tool berbasis web serta penggunaan Chromebook yang super praktis membuat pengguna tidak perlu lagi melakukan instalasi berbagai tool di komputer mereka untuk bekerja. Dengan menambahkan ekstensi Chrome yang tepat di Google Chrome, kamu sudah dapat melakukan berbagai pekerjaan. Browser kini tidak hanya menjadi sebuah wahana untuk berselancar di internet, tetapi sudah menjadi sebuah sentra untuk produktivitas.

Berikut ekstensi Chrome terbaik yang dapat membantu Para pengguna :

Merencanakan tugas dalam sehari

Momentum

Pernahkan kamu merasa bingung ketika sedang menentukan pekerjaan apa yang harus diprioritaskan saat memulai hari? Jika pernah, kamu harus mencoba Momentum. Momentum adalah sebuah ekstensi Chrome berbentuk dashboard yang didesain khusus untuk meningkatkan fokus penggunanya. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk menentukan prioritas penugasan, mencegah kamu untuk melakukan multitasking yang berpeluang memecah konsentrasi. Apabila kamu sudah selesai melakukan sebuah pekerjaan, kamu dapat membubuhkan ceklis pada kotak di sebelah kiri tugas dan menambahkan tugas baru setelahnya. Selain dapat menjaga fokus agar tidak terpecah, dashboard pada Momentum juga menampilkan berbagai informasi, seperti jam, perkiraan cuaca, kotak pencarian, dan menu To-Do yang dapat kamu gunakan sebagai daftar tambahan. Momentum juga menampilkan gambar latar yang indah serta quotes yang inspirasional, mendukungmu untuk menjadi yang terbaik sepanjang hari. Bagi saya, Momentum ini seperti seorang asisten pribadi yang membantu saya mengingat berbagai pekerjaan.

Menyimpan berbagai informasi dari internet

Pocket

Sebagai seorang yang bekerja di media, tentunya saya memerlukan sebuah tool spesifik yang dapat saya gunakan untuk menyimpan berbagai informasi dari internet. Dari beberapa tool yang sempat saya coba, ternyata pilihan saya jatuh pada Pocket. Aplikasi ini sangat berguna untuk mereka yang ingin menyimpan sepotong atau seluruh informasi dari sebuah halaman web dan menggunakannya kemudian. Kini kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tautan yang kamu butuhkan dari catatan bookmark atau dari history pada browser kamu. Aplikasi ini tersinkronisasi dengan semua perangkat yang dipakai pengguna, seperti komputer dan smartphone. Kamu hanya perlu mengunduh Pocket pada perangkat Android atau iOS dan melakukan login dengan email yang kamu gunakan saat mendaftarkan akun kamu. Kini kamu tidak lagi perlu repot melakukan salin-tempel terhadap artikel yang ingin kamu baca. Cukup tekan ikon Pocket dan artikel akan tersimpan.

Meningkatkan fokus dengan gamification

Forest

Forest menyajikan pengalaman unik bagi kamu yang ingin tetap fokus dalam pekerjaanmu. ekstensi ini mengombinasikan timer Pomodoro bernuansa gamification dan site blocker. Ketika ekstensi ini diaktifkan, kamu memiliki 25 menit untuk melakukan pekerjaanmu. Sambil kamu bekerja, sebuah pohon akan ditanam. Kehidupan pohon ini akan bergantung kepada seberapa kuat kamu tidak mengakses situs yang telah ada di dalam daftar hitam pengganggu produktivitas, seperti Reddit dan Facebook.

Apabila kamu dapat menahan diri untuk tidak mengakses situs-situs yang ada dalam daftar hitam, pohon yang kamu tanam akan berkembang menjadi sebuah pohon yang cantik. Sebaliknya, jika kamu tidak fokus, pohon tersebut akan layu dan lambat laun mati. Kamu dapat menggunakan versi aplikasi dari Forest pada perangkat Android , iOS dan windows. Chrome ekstensi yang ada dapat disinkronisasikan dengan aplikasi perangkat mobile untuk mendapatkan berbagai fitur menarik lainnya. Selain meningkatkan fokus saya sehari-hari, versi premium dari aplikasi ini di smartphone akan memungkinkan kamu untuk menanam pohon sungguhan di Afrika, setiap kali kamu berhasil fokus pada pekerjaanmu. Menarik bukan?

Menghemat penggunaan memori dari browser

The Great Suspender

Kamu adalah seorang pengguna internet yang gemar membuka hingga belasan bahkan puluhan tab dalam satu browser? Saya pun begitu. Walau digadang-gadang sebagai salah satu browser tercepat, ternyata Google Chrome memakan RAM yang tidak sedikit — terlebih lagi jika banyak tab yang kamu buka sekaligus.  Hindari hari-hari yang tidak produktif akibat komputer kamu melambat dengan The Great Suspender. ekstensi Chrome ini akan membantu kamu untuk membebaskan RAM tanpa mengubah kebiasaan browsing kamu. ekstensi ini akan menghentikan sementara tab yang tidak terpakai dalam rentang waktu tertentu agar tidak mengonsumsi memori.

Apabila kamu ingin menggunakan kembali tab tersebut, kamu hanya perlu mengakses halaman tersebut dan menekan klik pada layar. Kini kamu tidak perlu lagi khawatir akan kinerja komputer yang melambat karena banyaknya tab yang sedang terbuka.

Mempermudah pengelolaan email

Checker Plus

Bagi mereka yang bekerja dengan tiga atau empat email sekaligus akan mengalami kesulitan untuk dapat tetap menjaga fokus dengan kondisi tersebut. Selain itu, jika tidak dikelola dengan baik, kotak masuk email akan berantakan dan bukan tidak mungkin akan ada email penting yang tercecer. Checker Plus akan membantu kamu mengelola email yang kamu miliki tanpa perlu membuka aplikasi email atau halaman web dari email tersebut. Tidak hanya menampilkan email terbaru, Checker Plus juga dapat melakukan operasi layaknya email biasa, seperti membalas, menghapus, dan menyimpan pesan.

Dengan Checker Plus kamu dapat melakukan berbagai pengaturan, seperti notifikasi, pengaturan tombol toolbar, serta shortcut keyboard untuk mempermudah kamu mengakses email yang ada tanpa perlu meninggalkan apa yang sedang kamu kerjakan. Apabila kamu bosan terhadap tampilan Checker Plus, kamu juga dapat mengubah temanya agar terlihat lebih segar.

Membuat halaman web siap cetak

PrintFriendly and PDF

Untuk mencetak sebuah artikel yang ada pada sebuah halaman web memang dapat dilakukan langsung melalui fitur Print yang ada di dalam browser. Akan tetapi apabila konten dari halaman web tersebut ternyata tidak print-friendly atau memiliki banyak sekali iklan/banner ads, kamu akan membuang-buang halaman karena konten iklan juga ikut tercetak.  

Dengan PrintFriendly and PDF, kamu kini dapat dengan mudah mencetak konten apapun yang kamu dapatkan dari internet. Dengan menekan ikon PrintFriendly pada bagian atas kanan browser, layar akan menampilkan versi simpel dari konten yang ingin dicetak. Apabila pada layar masih terdapat teks yang tidak relevan, kamu dapat dengan mudah menghapusnya untuk mendapatkan hasil cetak yang optimal. 

Membuat catatan dalam browser

Papier

Ketika sedang berpetualang di ranah maya, terkadang ide-ide brilian datang melintas sekejap di dalam kepala. Apabila tidak segera “ditangkap”, ide-ide tersebut mungkin saja tidak akan muncul kembali di masa depan. Dengan menggunakan Papier, kamu dapat menyimpan ide apa saja yang muncul di kepala semudah membuka tab baru di browser kamu. 

Papier berfungsi layaknya Notepad di browser kamu. Kapan pun kamu mendapatkan “ilham” ketika sedang berselancar, kamu dapat langsung membuka tab baru dan menuliskannya. Papier dilengkapi dengan fitur rich-text formatting sehingga kamu dapat menyorot informasi penting dalam tulisanmu. Tulisan tersebut akan disimpan secara otomatis di komputer kamu, jadi kamu tidak perlu khawatir ide-idemu akan hilang. 

(Visited 14 times, 1 visits today)