Malware Tiongkok Infeksi 250 Juta Komputer, Termasuk Indonesia

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Perusahaan analisi keamanan Check Point menemukan malware terbaru yang disinyalir telah menginfeksi setidaknya sekitar 250 juta komputer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berasal dari Tiongkok, malware bernama Fireball ini dipercaya telah menginfeksi sekitar 20 persen jaringan korporasi di seluruh dunia, dengan konsentrasi di India, Basil, dan Meksiko. Check Point sendiri mengklaim ini merupakan infeksi siber tercepat sepanjang sejarah. Seperti yang dikutip dari NY Times, Fireball menginfeksi dengan cara menciptakan klik dan traffic internet palsu dari penciptanya, perusahaan iklan Rafotech yang bermarkas di Beijing. Ketika terpasang, malware ini akan mengarahkan browser pengguna ke situs pencarian yang mirip dengan Google atau Yahoo. Halaman pencarian palsu ini secara diam-diam mengumpulkan data pribadi penggunanya.

Fireball mampu mengambil alih browser internet

Menurut Check Point, Fireball mampu mengambil alih browser internet dan memiliki dua fungsi utama. Fungsi pertama Fireball adalah menjalankan kode yang meluncurkan tugas ilegal pada komputer yang terinfeksi, termasuk mengunduh file dan lebih banyak malware. Tujuan kedua adalah membajak dan memanipulasi lalu lintas web browser internet pengguna untuk menghasilkan pendapatan iklan dari serangan tersebut.

Fireball dijalankan oleh biro pemasaran digital asal Beijing, Rafotech, yang menggunakan malware untuk memanipulasi browser korban. Mesin telusur default dan beranda browser terinfeksi diubah menjadi mesin telusur palsu yang mengarahkan query ke yang sah namun hadir dengan piksel pelacakan yang dapat mengumpulkan informasi pribadi pengguna. Saat ini, Fireball memasang plug-in untuk meningkatkan iklan Rafotech, menghasilkan klik palsu dan trafik internet.

Rafotech menggunakan Fireball untuk memanipulasi browser korban dan mengubah mesin pencari dan halaman utama mereka menjadi mesin pencari palsu. Ini mengalihkan permintaan ke yahoo.com atau Google.com ,” pihak Check Point
(Visited 24 times, 1 visits today)