Masalah yang sering di hadapi trader forex

In Psikologi Trading by Della Fitriani

kendala trading

Ini adalah kenyataannya: untuk menjadi seorang trader  yang berhasil jarang diraih dalam waktu singkat dan langsung. Biasanya seorang trader akan menghadapi hal yang buruk dalam trading dan itu akan menjadi guru serta pengalaman yang sangat berharga.

Beberapa trader bahkan akan mengalami hal yang paling pahit dalam tradingnya. Misalnya sampai modalnya habis. Meskipun demikian bukan berarti bahwa untuk menjadi trader yang berhasil harus bersakit-sakit dahulu, tapi yang lebih penting kita bisa belajar dari kesalahan. Ada ungkapan yang menarik dari buku “Reminiscences of a Stock Operator” yaitu:

There is nothing new on Wallstreet or in stock speculation. What has happened in the past will happen again, again and again. This is because human nature does not changeJesse Livermore

Yang kira-kira artinya, di bursa atau dunia trading ini sebenarnya tidak ada yang baru, apa yang terjadi di masa lalu akan terjadi lagi di saat sekarang begitu seterusnya. Hal ini disebabkan oleh perilaku manusia tidak berubah.

Jadi artinya masalah yang dihadapi oleh setiap trader saat ini sebenarnya sama dengan masalah yang dihadapi oleh trader di masa lalu baik itu 10, 20 atau 100 tahun sebelumnya. Penyebabnya cukup sederhana yaitu  – terlepas dari faktor kemajuan teknologi serta inovasi – kita tetaplah sebagai manusia yang mempunyai emosi. Yang membedakan hanyalah emosi kita yang bisa menjadi penghalang buat kita untuk membuat keputusan yang tepat.

Kurang berlatih maka uang terbuang sia-sia. Itulah sebabnya mengapa trader pemula disarankan untuk terlebih dahulu mencoba untuk mempraktekkan ilmu yang mereka miliki di akun demo sampai mereka benar-benar mengerti bagaimana cara mempraktekkan jurus-jurus yang mereka miliki di pasar sesungguhnya.

Memang tidak mudah menguasai emosi. Ini tentang kedewasaan berpikir seorang trader.

Pasar sering bergejolak, ada baiknya memiliki sistem trading yang bisa bertahan di segala kondisi. Atau, bila Anda hanya memiliki satu jenis sistem trading, sebaiknya berhentilah trading untuk sementara waktu sampai pasar benar-benar bisa diprediksi dengan baik. Jika Anda merasa salah satu atau bahkan semua dari ketiga faktor itu ada dalam diri Anda, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan revisi analisis. Anda harus betul-betul memahami analisa yang Anda pakai, baik itu analisa fundamental ataupun analisa teknikal. Setelah itu, Anda harus memegang teguh tiga hal berikut ini untuk mendukung analisa Anda:
– Analisa tren market
– Target profit
– Risk management

Trauma
seberapa banyak trader yang telah berhenti..pensiun menjadi trader. Pun gak masalah, mungkin juga mereka gak cocok di dunia trading. Kalau trading ternyata cuma buang-buang duit, sudah belajar kesana kemari.. dirinya pun gak bisa merubah cara kerjanya..untuk lebih baik. Ya itu lebih baik…Tapi jika masih yakin, ya ayolaah sama-sama belajar.. toh bisa demo … uji kemampuan di demo dulu.. lalu gunakan uang real yang sedikit dulu.. yang kira-kira kalo rugi tidak menyebabkan trauma…
(Visited 34 times, 1 visits today)