Mengatasi Rasa Takut Rugi

In Psikologi Trading by Reza Pahlevi

Jika Anda ingin menjadi seorang trader beneran, Anda pasti akan mengalami loss atau rugi pada saat-saat tertentu. Sebaiknya Anda menghindari menggunakan cara klise dengan mencari-cari metode trading ‘holy grail’ untuk bisa profit terus-menerus. Metode ‘holy grail’ tidak pernah ada karena pasar forex bergerak dengan sangat dinamis dan tidak bisa diprediksi. Seperti juga ungkapan klise kerugian adalah bagian yang tak terpisahkan dalam trading, profit dan loss selalu terjadi silih berganti. Jika Anda masih takut rugi maka Anda belum benar-benar belajar untuk menjadi seorang trader yang bisa menghasilkan profit dengan konsisten.

SUksesJika Anda perhatikan, semua trader profesional mengalami kerugian, dan mereka tahu bahwa loss hanya bagian yang selalu ada dalam trading. Sayangnya masih banyak trader yang merasa takut rugi setiap kali masuk pasar, dan ini tentu akan menimbulkan reaksi yang emosional hingga bisa mengganggu konsentrasi dalam menjalankan rencana trading.

1. Belum pernah mencoba menerapkan management resiko setiap kali entry hingga mengerti bahwa dengan risk/reward ratio yang wajar kita masih bisa profit walau frekuensi loss-nya lebih besar.
2. Takut secara psikologis pada umumnya, bisa disebabkan oleh sifat bawaan.
3. Mengharapkan profit yang besar dengan trading menggunakan ukuran lot yang melebihi resiko yang sewajarnya ditanggung.

Rasa takut rugi atau takut kehilangan uang adalah reaksi emosi yang alami. Tidak hanya dalam trading tetapi dalam area kehidupan lainnya. Jika semua trader tidak mempunyai rasa takut rugi sama sekali, mungkin pasar bisa kacau (chaos). Secara alami kita akan cenderung bersifat protektif atau menjaga apa yang telah kita peroleh. Mereka yang trading dengan modal hasil jerih payah sendiri tentu akan lebih protektif dan hati-hati dibandingkan dengan mereka yang trading dengan dana orang lain (mungkin dana client atau nasabah).

1. Apakah Anda telah benar-benar punya sistem trading dan rencana trading yang telah teruji dan siap untuk digunakan dalam account riil? Dan apakah Anda telah siap menggunakan dana dengan kemungkinan akan susut atau bahkan ludes? Jika Anda menggunakan dana dari hasil jerih payah Anda tetapi belum cukup percaya diri dengan sistem trading (metode dan strategi), atau belum punya rencana trading yang jelas, sebaiknya Anda tunda rencana Anda untuk mulai trading dengan account riil walaupun Anda telah membuka account riil dan telah menyetor sejumlah dana, atau berhenti dulu trading dengan account riil. Jangan trading dengan account riil, kembali ke account demo sampai benar-benar percaya diri dengan sistem trading dan rencana trading yang Anda sepakati.

2. Apakah Anda sudah cukup nyaman dengan besarnya resiko per trade yang Anda tetapkan ketika hendak entry? Apakah ukuran lot Anda sudah wajar, tidak terlalu kecil tetapi juga tidak terlalu berani hingga terkesan ‘gambling’. Jika ragu-ragu, cobalah tanya pada diri Anda sekali lagi setiap kali akan entry, berapa sebenarnya jumlah dana yang benar-benar Anda relakan untuk ‘hilang’? Jika masih juga ragu dan belum mantap sebaiknya Anda urungkan niat untuk entry hingga Anda telah benar-benar siap kehilangan. Dalam keadaan demikian, jika ada yang membujuk sebaiknya Anda masuk sekarang karena kondisi pasar sedang bagus, maka sebaiknya Anda tidak terpengaruh. Kondisi pasar akan selalu bagus, tergantung bagaimana sistem trading, rencana trading dan strategi money management yang Anda gunakan.

3. Apakah Anda telah mencoba menerapkan money management dengan maksimal? Apakah Anda telah mengetahui bahwa frekuensi kerugian (losing trade) yang lebih besar dari frekuensi profit (winning trade) dalam jangka panjang hasilnya masih menguntungkan? Dalam kenyataannya yang langsung berhubungan dengan profit Anda (dalam jangka panjang) adalah faktor risk/reward ratio yang Anda gunakan pada setiap kali entry. Disini Anda bisa melihat illustrasi hubungan antara risk/reward ratio dan frekuensi profit/loss.

Note :
Berikut 3 Rasa Takut Rugi, Dengan memastikan kondisi dan kesiapan Anda, diharapkan Anda tidak merasa takut lagi ketika hendak trading di account riil.
(Visited 35 times, 1 visits today)