Mengembangkan Account Dengan Balance Kecil

In Management Resiko Trading by Kia Pratiwi

Trader yang baru terjun ke account riil biasanya mencoba terlebih dahulu dengan balance yang relatif kecil, dengan harapan jika kelak hasil tradingnya memuaskan baru akan diperbesar. Mereka juga ingin accountnya dapat secepat mungkin berkembang dengan kerugian yang sekecil mungkin. Walaupun tidak mudah, tetapi hal itu bisa bisa saja terjadi selama mereka bersedia untuk disiplin dan mempunyai cara pikir yang benar sesuai dengan strategi trading yang telah direncanakan.

Jika Anda kebetulan mengalami hal yang sama, maka Anda harus melihat bahwa ukuran sukses dalam trading bergantung pada kemungkinan profit yang akan dihasilkan dari jumlah balance dalam account Anda sekarang. Jika misalnya balance account Anda sekarang $1,000 dan Anda secara konsisten bisa memperoleh profit $100 per bulan, maka bisa dianggap Anda telah cukup sukses dalam trading. Sukses dalam trading tidak ditentukan oleh besar atau kecilnya balance dalam account Anda, melainkan keyakinan Anda untuk bisa sukses dan apa yang harus Anda lakukan untuk bisa menghasilkan profit yang konsisten.
Cara pikir yang perlu Anda terapkan ketika trading adalah:
  • Fokus pada kondisi pasar dan strategi trading Anda, bukan pada besarnya profit yang bakal Anda peroleh
  • Perlakukan balance account Anda yang relatif kecil tersebut seperti Anda mengelola account besar
  • Buatlah Jurnal trading dengan konsisten

Fokus pada kondisi pasar dan strategi trading


Masalah yang sering dialami oleh kebanyakan trader dengan account yang relatif kecil adalah keharusan untuk bisa mencetak profit secepatnya karena berbagai alasan. Mungkin mereka menggunakan sebagian dana yang seharusnya untuk keperluan sehari-hari, atau mungkin mereka coba-coba dengan dana kecil tetapi harus bisa profit duluan agar secepatnya menambah dana. Dalam hal ini mereka menaruh harapan yang terlalu besar pada profit yang akan didapat dan tidak rela bila accountnya yang relatif kecil tersebut berkurang apalagi ludes, walaupun mereka paham akan resiko yang bakal dialami. Biasanya makin kecil balance account, trader akan makin takut kehilangan.

Dengan fokus pada profit yang bakal Anda peroleh, maka Anda akan kurang memperhatikan strategi trading yang telah Anda terapkan dalam account demo sebelumnya hingga kemungkinan besar Anda tidak bisa menerapkan rencana trading dengan maksimal. Yang perlu Anda lakukan adalah fokus pada strategi money management sesuai dengan rencana dan strategi trading yang efektif. Profit atau loss adalah output dari penerapan strategi Anda. Jika Anda telah bisa berhasil pada account demo seharusnya Anda tidak khawatir ketika trading pada account riil terlepas dari besar atau kecilnya account Anda.


Jika Anda punya account trading jutaan dollar, dengan profit sekali atau 2 kali sebulan mungkin hasilnya cukup memadai, namun bukan itu masalahnya. Ketika balance account trading Anda kecil, secara emosi Anda merasa harus sering masuk pasar untuk memperoleh profit sebanyak-banyaknya dan mengharapkan pertambahan balance account Anda secepat mungkin. Untuk menghindari cara trading yang emosional seperti ini, Anda harus bisa memperlakukan balance account kecil Anda seolah-olah Anda sedang trading dengan balance yang besar. Dalam kenyataannya, seorang trader mesti bisa mengelola account kecil terlebih dahulu sebelum trading dengan account yang relatif besar, karena strategi trading dan money management yang digunakan sama.

Membuat jurnal trading yang konsisten

Jika account trading Anda relatif kecil, fokus Anda yang utama adalah hasil yang konsisten, dan itu bisa Anda pantau lewat jurnal trading yang dibuat dengan konsisten. Tanpa jurnal Anda tidak mempunyai track record trading yang telah Anda lakukan sehingga tidak mengetahui kekeliruan Anda. Jurnal trading penting Anda buat dengan konsisten agar Anda disiplin, bertanggung jawab dan percaya diri, baik trading dengan account kecil maupun besar.

(Visited 23 times, 1 visits today)