Menjadi Super Trader

In Tips Trading by Reza Pahlevi

rszga8Siapa sih, yang tak ingin menjadi seorang trader yang sukses dan menghasilkan banyak uang. Hidup layak, makan enak, tidur nyenyak, dan bisa beli apapun tanpa harus mikirin berapa harganya. Semua akan mudah didapatkan sesuai apa yang Anda inginkan. Anda akan seperti superstar di mana Anda mampu menciptakan apapun sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Sebelum mencapai ke sana, ada satu fase lagi yang perlu dilalui trader, yakni: Super Trader. Untuk mencapainya terlebih dahulu Anda harus mahir tidak hanya menjadi seorang analis, namun juga sebagai trader. Ketika Anda sudah mampu membaca market dengan prediksi Anda, di sinilah peran trader akan dimulai.

Ciri khas seorang analis adalah ia mampu memprediksi dengan benar. Apapun yang dibicarakan seorang analis diusahakan akan benar. Walaupun terkadang terjadi kesalahan, mereka akan cenderung mencari kelemahan dan memperbaiki dari kesalahan tersebut. Para analis akan berusaha mempelajari banyak hal untuk mendukung analisanya. Mencari indikator-indikator baru, serta alat bantu termutakhir yang dapat membantu memprediksi pasar. Mereka selalu berusaha mendapatkan cara supaya dapat memenangkan pasar dan menghindari kerugian dengan analisisnya. Walau demikian begitu, analis hanya melihat pasar dan memprediksinya untuk masa depan. Namun terkadang pada sebuah analisis yang paling hebat pun tetap terjadi kesalahan. Salah satu penyebabnya adalah tak seorangpun yang tahu pasti, ke mana market akan berkembang. Begitu pun dengan analis. Mereka tak pernah tahu bagaimana pergerakan harga. Hanya prediksilah yang diandalkan oleh kaum analis ini. Terlepas dari salah atau benar pada analisisnya, mereka akan tetap dianggap sebagai seorang yang benar.

Berbanding terbalik dengan seorang analis, trader tidak akan memperhitungkan apakah hasil trading-nya banyak yang salah atau banyak yang benar. Apa yang diinginkan trader hanya mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Sama seperti investor, trader ingin mendapat untung yang besar dan profit yang berlimpah. Jika Anda ingin menjadi trader, maka fokuskan untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya. Tapi jangan sampai lupa, bahwa trading Anda akan sia-sia jika Anda lupa manajemennya.

Untuk mencapai tahap ini, Anda memerlukan satu langkah lagi. Anda harus menggabungkan antara kaum analis dengan kaum trader. Sehingga pada sosok Super Trader terdapat penggabungan di antara keduanya. Sebagai analis, Anda harus berusaha sekeras mungkin untuk mendapatkan nilai analisis yang benar. Sedangkan sebagai trader, Anda harus mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Nah, dengan cara seperti ini, Anda akan menjadi trader yang handal dan tidak terfokus pada hasil yang konstan. Tetapi yang terpenting dari semua hal tersebut adalah jangan merasa takut jika melakukan kesalahan. Kerugian dalam transaksi sudah pasti terjadi. Jangan biarkan ego Anda menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak mau menerima kekalahan. Sebagai seorang analis Anda boleh salah, namun bukan berarti Anda menganggap tabu akan kesalahan tersebut. Bersikaplah lapang dada dan mau menerima apapun yang Anda dapatkan. Entah hasilnya profit, atau loss.

Untuk menjadi seorang Super Trader, Anda harus mampu menggabungkan antara analis dan trader itu sendiri. Menjadi seorang analis, Anda bisa memberi analisa yang baik, dan menjadi seorang trader Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup. Dengan adanya gabungan trader dan analis tersebut, Anda layak disebut sebagai Super Trader.

(Visited 24 times, 1 visits today)