Microsoft Buat Kacamata Holografik

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Banyak teknologi yang diklaim sebagai holografik tapi sebenarnya bukan, termasuk HoloLens. Teknologi holografik yang sebenarnya dapat membentuk gambar 3D dari laser. Menanamkan teknologi tersebut ke sesuatu yang bisa Anda gunakan bukanlah perkara gampang.

Tampaknya, Microsoft telah berhasil membuat kemajuan terkait hal ini. Para penelitinya telah berhasil membuat hologram yang alat optiknya bisa dimasukkan ke dalam sebuah kacamata biasa, lapor Engadget.

Bisa dipakai tanpa bantuan komputer atau ponsel

Kacamata augmented reality (AR) HoloLens buatan Microsoft bisa dipakai tanpa bantuan komputer atau ponsel. Pengguna cukup membeli dan langsung memakainya secara mendiri. Hal tersebut bisa terjadi karena Microsoft menyematkan sebuah perangkat bersistem operasi Windows 10 ke dalam HoloLens. Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (1/3/2016), HoloLens memiliki sebuah Holographic Processing Unit (HLP) hasil kreasi Microsoft serta sebuah prosesor Intel 32-bit. Selain itu raksasa software tersebut juga ikut menanamkan bermacam jenis sensor di dalam HoloLens, termasuk sensor pengukuran inersia, sensor cahaya, serta empat elemen yang bisa memahami kamera.

Cara Kerja Kaca Mata Holograf

Teknologi di dalamnya membuat perangkat canggih ini mengenali gerakan, suara pengguna serta bisa memetakan keadaan sekitar. Sebagai contoh kasus, ada seorang perempuan pengguna HoloLens butuh bantuan untuk memperbaiki wastafel yang bocor. Kemudian ada seorang lelaki di kota berbeda, sedang memainkan gadgetnya dan melihat apa yang perempuan itu juga lihat. Maka lelaki itu bisa membantunya dengan cara menandai pipa bocor yang harus diperbaiki, kemudian perempuan itu bisa langsung melihat tanda 3D yang ditunjukan si lelaki untuk diperbaiki.

(Visited 10 times, 1 visits today)