Negara Asia Tenggara Jadi Medan Perang E-Commerce

In Berita Fundamental Forex by Della Fitriani

Negara yang masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara dinilai menjadi medan perang untuk bisnis perdagangan berbasis internet, atau dikenal dengan sebutan ecommerce. Hal ini disebabkan oleh budaya finansial dan infrastruktur yang masih menjadi tantangan utama dalam proses perkembangan ecommerce, seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg. Tantangan serupa juga ditemukan JD.com Inc. di Indonesia, salah satu negara di wilayah Asia Tenggara.

Asia, Medan Perang Messaging Paling Sengit

Perlu diingat juga bahwa WhatsApp bukanlah aplikasi messaging dominan di dunia. Menurut The Next Web (20/2/2014), walau menjadi aplikasi yang banyak digunakan, WhatsApp belum memiliki basis yang kuat di negara-negara kunci Asia, seperti China, Jepang, dan Korea, di mana layanan messaging lokal seperti WeChat, KakaoTalk dan Line masih merajai.

Belakangan, aplikasi-aplikasi tersebut juga mulai banyak diadopsi dan menggerogoti pangsa pasar WhatsApp.

Tren di dunia instan messaging yang terjadi saat ini adalah pengguna yang mulai beralih dari aplikasi messaging dasar, ke layanan yang lebih canggih dan variatif, seperti Line dan WeChat yang menawarkan game gratis, sticker, dan kemampuan berkomunikasi dengan brand. Walau saat ini pasar layanan pesan instan di Asia masih terpecah-pecah menjadi beberapa kelompok, namun nama-nama besar mulai muncul dan mengerucut. WeChat misalnya yang saat ini memiliki 272 juta pengguna aktif per bulan, masih mendominasi di pasar China. Bahkan tahun lalu, dalam tiga bulan saja aplikasi tersebut diadopsi 100 juta pengguna di luar China.

INFO :
Raksasa e-commerce dari China, Alibaba sangat ambisius untuk mengokohkan hegemoni di ranah bisnis online. Alibaba telah rampung mengakuisisi Lazada dengan nilai lebih dari Rp 13 triliun. Aksi korporasi tersebut menjadi strategi perusahaan milik Jack Ma ini untuk menguasai pasar e-commerce di Asia Tenggara. Diketahui, Lazada merupakan e-commerce yang telah beroperasi di sejumlah negara Asia Tenggara. Antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
(Visited 13 times, 1 visits today)