Peluang Fed Rate Hike Turun, Emas Berada Di Level Tinggi

In Berita Fundamental Emas by Reza Pahlevi

Pergolakan politik AS dan pelemahan mata uang Dolar mendorong permintaan aset safe haven sehingga menyebabkan harga emas di sesi Asia hari Senin (22/05) ini terpantau masih berada di level tinggi. Harga emas mendapatkan dukungan dari keresahan sebagian besar pelaku pasar terhadap tindakan Presiden AS Donald Trump.

Logam mulia emas biasanya akan dipandang sebagai aset investasi alternatif selama ketidakpastian finansial dan politik. Selama sepekan kemarin, harga logam mulia emas telah meningkat sebesar 2.1 persen, merupakan kenaikan harga terbesar sejak pertengahan bulan April tahun 2016 ini sejalan dengan gejolak politik AS gara-gara Donald Trump. Sementara kurs Dolar AS terhadap mata uang mayor lain dalam pekan kemarin ambruk ke level terendah satu tahun.

“Sentimen negatif dan potensi adanya risiko politik AS kembali menimbulkan kekhawatiran pasar,” ucap Carsten Fritsch, analis di Commerzbank. Menurut Fritsch, karena hal-hal tersebut, saat ini pelaku pasar hanya menilai peluang kenaikan tingkat suku bunga AS di kisaran 70 persen saja. Probabilitas Fed rate hike bulan Juni menurun menjadi 78 persen dari bulan sebelumnya yang hampir mendekati 100 persen.

Dalam kesempatan memberikan pidato di Olin Business School Missouri, Presiden Federal Reserve St Louis, James Bullard menyatakan bahwa kondisi perekonomian AS masih mengalami pelemahan sejak bulan Maret dan Bullard memprediksi hanya ada satu rate hike tahun ini. Ia juga mempertanyakan tentang urgensi menaikkan tingkat suku bunga AS lagi pada bulan Juni mendatang.Terlepas dari itu, harga emas juga terdukung oleh kabar bahwa Korea Utara berhasil meluncurkan misil. Pihak Korut mengklaim, tingkat akurasi senjata tersebut sangat tinggi dan siap untuk digunakan di medan tempur.

Informasi
Saat berita ini diturunkan harga emas berjangka di Comex New York Mercantile Exchange diperdagangkan di kisaran level harga 1,252 Dolar AS per troy ons dan harga emas spot di level harga 1,252 Dolar AS. Sementara harga emas batangan pecahan 1 gram bersertifikat Logam Mulia milik PT Aneka Tambang (Antam), Tbk berada di level harga Rp 588,000.
(Visited 23 times, 1 visits today)