Peluang Trading yang Terlewatkan

In Tips Trading by Reza Pahlevi

Anda pernah mengalami saat harga telah di-close, ternyata malah naik tinggi padahal jika dibiarkan seharusnya profitnya sangat banyak. Atau ketika harga turun kecil-kecil, sedangkan Anda open buy lalu dibiarkan saja menunggu harga naik. Eh, ternyata malah turun tajam. Apakah Anda pernah menemukan yang seperti itu? Lalu kenapa hal itu sering terjadi kepada Anda? Artikel ini akan mengulas mengenai peluang trading yang terlewatkan tersebut.

peluang tradingHarga market memang susah diprediksi dengan benar. Percaya atau tidak, prediksi yang Anda gunakan sering mengalami kegagalan walaupun saat itu sudah diprediksi dengan baik. Namun biasanya Anda akan kaget ketika transaksi yang sudah benar-benar diharapkan ternyata meleset, sehingga membuat Anda bingung setengah mati. Bagi trader pemula hal ini mungkin sering dilakukan. Menyalahkan orang lain gara-gara sinyal mereka, hingga akhirnya trader tersebut cepat-cepat melakukan close position. Saat melihat news dirilis, mereka malah panik, takut harga berbalik arah dan akhirnya menjual transaksi mereka. Namun pada ujungnya trader-trader tersebut menyesal telah menutup terlalu awal.

Mungkin saat Anda fokus menangani hasil transaksi yang Anda tutup itu, ternyata masih banyak peluang di pair lain yang belum Anda lihat. Karena terlalu fokus pada hasil transaksi di salah satu pair, akhirnya Anda lupa untuk melihat kecenderungan peluang-peluang di pair lain. Seandainya Anda melihat peluang di pair lain dan tidak hanya fokus pada market saat ini, akan terlihat betapa banyaknya peluang yang mengantri untuk dijadikan open position. Umumnya trader memilih untuk menunggu market hingga benar-benar sesuai dengan sinyal yang diharapkan. Namun kenapa Anda tidak berpikiran, “jika di pair ini menunggu 3 jam baru ada sinyal bagus, kenapa tidak mencari peluang di pair lain yang mungkin saat ini sudah ada sinyal muncul?”. Jika hal ini Anda lakukan, pasti tidak pernah merasa ketinggalan momen, semua peluang setiap detik, setiap menit pasti ada. Anda hanya tinggal memilih saja.

Anda mungkin tidak akan memikirkan berapa lama menunggu harga yang akan berbalik arah dan mengalami reversal. Ketika fokus terhadap kesalahan sebelumnya gara-gara close terlalu cepat, Anda akan melewatkan momen-momen lainnya yang terkadang tidak Anda sadari.Coba bayangkan, misalkan saat ini Anda trading, tiba-tiba harga berbalik, lalu Anda cepat-cepat melakukan close. Akhirnya harga naik tinggi lagi, Anda akan merasa kecewa tentunya karena baru 3 point didapat sudah di-close. Sedangkan bila menunggu sedikit saja pasti akan mendapatkan ratusan poin. Setelah Anda menyesali hal itu, biasanya akan fokus menunggu harga turun sedikit baru bisa melakukan open. Tetapi tahukah Anda, menunggu hal itu berarti melupakan momen lain dan tentunya peluang yang bisa Anda dapatkan raib tak didapatkan.

Dari transaksi awal yang buru-buru Anda kenai close position, Anda sudah kehilangan poin. Kemudian perhatian Anda tersedot di satu pair, sehingga kehilangan peluang untuk open position di pair yang lain. Sudah cukup 2 kerugian ini menjadi kehilangan keuntungan trading Anda. Padahal seandainya dimaksimalkan, tidak akan ada trader yang kehilangan momen bahkan saat bangun tidur sekalipun.

Kesalahan dalam membuat keputusan adalah hal yang wajar. Semua trader juga pernah mengalaminya. Namun jangan terfokus pada kesalahan itu dan akhirnya melupakan peluang lainnya. Pelajari dari kesalahan tersebut supaya tidak diulangi lagi. Lalu tangkap peluang berikutnya tanpa harus rugi 2 kali.

(Visited 14 times, 1 visits today)