Peneliti AS Buat Robot yang Bisa Bantu Penyelamatan

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju, kini terdapat robot yang dapat membantu manusia dalam melakukan misi penyelamatan. Alat yang diberi nama Big Dog ini telah dikembangkan oleh peneliti di Amerika Serikat (AS). Robot dengan bentuk menyerupai anjing ini dirancang oleh The Research and Development of Original Big Dog dan telah dibiayai oleh US Military’s Defence Advanced Reseach Project Agency (DARPA).

Memiliki keseimbangan yang baik

robot ini juga memiliki keseimbangan yang baik. Pasalnya meskipun sudah mendapat tendangan beberapa kali, robot ini tetap bisa berdiri tegap dan berjalan kembali. Tidak hanya itu, robot ini juga bisa berputar-putar, sampai melompati tantangan namun tetap bisa menjaga keseimbangan. Ditambah lagi, Big Dog telah menunjukkan keseimbangan dan navigasi yang sulit untuk diterjang.

Emergency Integrated Lifesaving Lanyard

Emergency Integrated Lifesaving Lanyard, dengan sistem pengoperasian yang cukup taktis. Tidak bergerak dari pantai, EMILY bisa dilontarkan langsung dari helikopter atau kapal, dan kemudian secara otomatis mencari manusia yang harus diselamatkan. EMILY memiliki mesin yang sama dengan jet ski, tetapi tanpa baling-baling untuk menghindari cedera atau benda yang tersangkut. Saat beroperasi, kecepatan EMILY bisa mencapai 22 meter per jam, dan sanggup melakukan aksi penyelamatan dalam situasi yang sulit. EMILY terbuat dari Kevlar (bahan anti peluru yang digunakan di helm tentara) dan material yang biasa dipakai pada badan pesawat, tentunya tidak mudah rusak,” kata CEO Hydronalix, Tony Mulligan kepada Popular Mechanics. Untuk keperluan penyelamatan, selain yang sudah disebutkan, EMILY menggunakan warna khas SAR, yaitu merah dan kuning agar mudah terlihat. EMILY yang dikendalikan lewat remote control ini juga dilengkapi lampu untuk aksi penyelamatan di malam hari. Robot ini juga memiliki radio untuk komunikasi dua arah dengan tim penyelamat, tak lupa dengan sebuah kamera untuk melihat kondisi korban secara langsung. EMILY sanggup menampunng hingga 6 orang ketika melakukan penyelamatan. Bentuknya memang tidak sepeerti manusia, EMILY malah berbentuk layaknya pelampung. Anda bisa melihat video di bawah ini untuk gambaran lebih jauh.

(Visited 13 times, 1 visits today)