pernah dengar cross currency swap ? Ternyata ini pengertiannya

In Panduan Forex Pemula by Della Fitriani

Cross Currency Swap adalah Kontrak antara 2 pihak untuk melakukan pertukaran pokok dan suku bunga untuk 2 mata uang yang berbeda selama suatu periode tertentu.

Sama seperti IRS, selain suku bunga yang akan ditukarkan adalah suku bunga tetap (fixed rate) terhadap suku bunga mengambang (floating rate), maka pertukaran bunga juga bisa dilakukan untuk fixed vs. fixed dan floating vs. floating, karena CCS melibatkan 2 mata uang yang berbeda.

Selain itu, CCS juga melibatkan pertukaran pokok pada saat awal dan akhir transaksi.

Alasan utama mengapa nasabah ingin melakukan transaksi CCS adalah untuk mendapatkan funding dalam mata uang yang berbeda, sehingga dengan melakukan CCS, maka nasabah dapat menukar dana dalam suatu mata uang yang dimilikinya pada saat ini dengan dana dalam mata uang lainnya yang dibutuhkan. Pada saat jatuh tempo, maka dana tersebut akan ditukar kembali menjadi dana dalam mata uang asal.

Cara Menghitung Rate Cross-Currency

Dalam pembahasan berikut ini, akan kami ajarkan cara menghitung harga beli (buy/bid) dan harga jual (selling/ask). Sebagai contoh, kita ingin mengetahui harga beli/jual untuk GBP/JPY. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari informasi harga bid/ask pasangan GBP/USD dan USD/JPY. Mengapa demikian? Karena kedua pasangan mata uang tersebut mempunyai persamaan kaitan dengan US dolar.

Kedua pasangan mata uang tersebut dikenal dengan istilah “kaki” dari GBP/JPY, karena ke-duanya berkaitan dengan US dolar.
Setelah mengecek harga, maka terlihat harga:
GBP/USD: 1.5630 (beli) / 1.5635 (jual)
USD/JPY: 89.38 (beli) / 89.43 (jual)

Untuk menghitung harga beli untuk GBP/JPY, anda dapat mengkalikan harga beli GBP/USD dan USD/JPY. Maka akan mendapatkan angka 139.70 Untuk mendapatkan harga jual GBP/JPY, anda dapat mengkalikan harga jual GBP/USD dan USD/JPY, dan akan didapatkan angka 139.82.

Manfaat
>Fleksibilitas bagi nasabah untuk me-switch kewajiban dari satu currency ke currency yang lain.
>Memungkinkan nasabah untuk mengambil pinjaman dalam suatu currency asing yang memberikan term yang paling bagus.
Dapat digunakan sebagai hedge currency exposure.
>Produk ini dapat digunakan sebagai proteksi pergerakan interest rate.
(Visited 49 times, 1 visits today)