Sentimen Resiko Antar Emas Catat Kenaikan Mingguan Terbaik 5 Pekan

In Berita Fundamental Emas by Reza Pahlevi

Harga Emas kembali melambung sepanjang sesi perdagangan hari Jumat (19/5) kemarin setelah pada sehari sebelumnya harus turun akibat profit taking Investor. Emas juga berada di jalur penguatan terbaik dalam kurun waktu lima pekan terakhir, terutama atas ketidakpastian politik AS yang menyeret Presiden Donald Trump dalam skandal yang terancam permakzulan.

“Resiko Politik kembali lagi setelah pelaku pasar merasa puas dengan hasil Pemilu Prancis dan sentimen resiko menjadi faktor utama penyebab Emas kembali naik”, demikian ucap seorang Analis Commerzbank, Carsten Fritsch. Harga Emas dan logam mulia lainnya memang sangat sensitif terhadap kondisi yang menyangkut ketidakpastian pasar dan dianggap sebagai aset alternatif terutama saat Yields Obligasi dan pasar saham tengah menurun.

Rilis data Jobless Claims AS kemarin mendorong Dollar menguat sejenak, walau akhirnya harus kembali melemah di akhir pekan sebagai dampak dari ketidakpastian politik yang masih menjadi masalah domestik AS. Seperti yang diketehui sebelumnya bahwa Presiden Trump pada pekan lalu memecat Direktur FBI, James Comey terkait penyelidikan Biro Investigasi Federal terhadap Flynn. Pemecatan Comey kemungkinan besar (disebabkan) karena mengabaikan memo Trump yang ingin kasus Michael Flynn dihentikan. Hal tersebutlah menjadi pemicu kegaduhan politik Negeri Paman Sam.

Penguatan Emas juga seiring dengan merosotnya Index Dollar yang menjadi tolok ukur kekuatan Greenback terhadap enam mata uang utama berada pada jalur penurunan terburuk dalam kurun 9 bulan, dan disaat bersamaan pasar saham global mencatatkan penurunan mingguan pertama dalam lima pekan terakhir.

Informasi
Pada pukul 19:48 WIB malam ini, Emas terpantau berada di level $1,253.2 per ounce, berupaya memangkas pelemahan yang terjadi pada sesi sebelumnya. Emas juga berpotensi mencatatkan kenaikan mingguan terbaik dalam 5 pekan. Sementara itu Emas Futures AS harus turun 0.1 persen menjadi $1,251.6 per ounce.
(Visited 22 times, 1 visits today)