Standing Aside Is A Position

In Psikologi Trading by Kia Pratiwi

Ada seorang temen trader yang mengatakan, dia tidak pernah melakukan open position di hari Senin. Temen trader lainnya mengatakan tidak melakukan OP di hari Jumat. Bahkan ada trader yang tidak melakukan open position di hari-hari awal bulan. Dia hanya memulai trading setiap bulannya setelah news NFP release. Memangnya ada apa dengan hari-hari Senin, Jumat dan hari-hari di awal bulan? Yah sebenernya sih bukan apa-apa kok.. Bukan berarti dilarang trading di hari-hari tersebut, apalagi dikaitkan dengan alasan klenik. Hihihi! Terus terang dulu saya sempet bener-bener gak berani ambil posisi di hari Jumat, gara-gara ada yang bilang untuk trader pemula lebih baik menghindari hari Jumat untuk melakukan open position. Jadi, di hari Jumat, saya (dulu) biasanya hanya mengamati market dan mencoba memahami mengapa hari Jumat banyak dihindari oleh temen-temen trader untuk melakukan OP.

Pergerakan di hari Jumat biasanya memang cenderung ekstrem

Ada temen trader yang bilang, hari Jumat itu hari pembantaian, karena biasanya para trader melakukan take profit, atau malahan ada yang ngejar target mingguan yang mungkin belum tercapai. Satu lagi alasan untuk tidak masuk market di hari Jumat, bagi trader yang tidak terbiasa membiarkan satu posisi terbuka sepanjang akhir pekan karena menghindari gap yang mungkin terjadi di awal pekan. Melakukan OP di hari Jumat beresiko apabila TP tidak tercapai saat market tutup maka posisi yang masih terbuka tersebut bisa jadi terkena imbas gap tersebut. Atau ada juga trader yang tidak lagi melakukan OP di hari Jumat karena target mingguannya sudah tercapai. Jadi, Jumat itu hari buat WD dan menikmati hasil trading selama sepekan.

Alasan-alasan itulah yang menyebabkan banyak trader yang tidak melakukan open position di hari Jumat. Btw, ada temen trader yang mengeluh kenapa juga NFP mengambil hari Jumat yah? Soalnya kalo salah posisi kan jadinya kagok mau di close masih floating, mau di biarin aja takutnya makin parah minusnya karena kena gap di hari Senin. Nah kaan! Ok, sekarang bagaimana dengan hari Senin dan hari-hari di awal bulan? Mm.. kebanyakan trader yang menghindari melakukan OP di hari-hari ini menimbang karena pergerakan di hari Senin atau hari-hari awal bulan memang biasanya kurang “seru”, pergerakan kurang banyak, jadinya kurang menantang. Yah sebenernya trading itu suka-suka kita kok Gak ada yang melarang untuk masuk market kapan saja.

Hanya saja sebaiknya pahami karakteristik market sebelum kita mengambil posisi. Kalo kita anggap market tidak menarik karena misalnya sedang sideways gak ada salahnya untuk tidak melakukan OP. Toh kita gak harus selalu melakukan buy atau sell Standing aside is a position. Menjauh dan pantau saja market kalo kita anggap market sedang tidak menarik atau kita sedang gak in the mood buat trading. Terkadang tidak mengambil posisi justru keputusan yang lebih baik ketimbang melakukan buy atau sell. Bahkan ada trader yang mengatakan – the most important thing in trading is sometime not to trade. Tidak mengambil posisi juga disarankan bagi trader yang mengalami loss secara berturut-turut.

Secara psikologis, kita perlu mendapatkan penyegaran dulu sebelum masuk lagi ke market setelah mengalami loss berturut-turut atau MC. Ambil nafas dulu, take a deep breath. Jangan paksakan masuk market dengan kondisi psikologis yang kacau, apalagi dengan niatan balas dedam. Jadi, jangan pernah trading dengan “terpaksa”. Masih banyak hal-hal menarik lainnya untuk dilakukan kok.
(Visited 28 times, 1 visits today)