STOP!! KEBIASAAN BURUK TRADERS

In Psikologi Trading by Della Fitriani

stop kebiasaan buruk

Pada saat memulai trading, hasil akhirnya hanya ada 2 pilihan. Profit atau Loss. Kembali lagi kepada para trader yang melakukan proses dalam mencapai tujuan hasil akhirnya. Apakah bersungguh-sungguh dalam melakukan prosesnya, ataukah berhenti di tengah jalan akibat perencanaan trading yang kurang bagus. Namun kebanyakan dari para trader telah membuat suatu kesalahan dalam proses trading yang berakibat buruk bagi hasil trading nya, tapi tetap tidak menyadarinya.

Kebiasaan Buruk Trader :

Mencari system ataupun indikator saham yang paling sesuai adalah mutlak dilakukan oleh seorang trader. namun harus kita ingat bahwa membuat sebuah sistem bukanlah pekerjaan 1-2 bulan yang langsung bisa selesai. karena indikator yang umum digunakan itu barulah bahan mentah, harus disesuaikan dengan gaya trading masing-masing trader. dan sebuah indikator jarang bisa bekerja optimal dalam semua kondisi. umumnya trader baru terjebak pada kebiasaan ini, jika indikator tertentu tidak memberikan hasil yang optimal dalam 2-3 bulan, biasanya akan langsung digantikan dengan indikator lain. 2-3 bulan kemudian mungkin akan digantikan lagi oleh yang lain. ini malah tidak memberikan kita waktu yang cukup untuk bisa memahami dengan jelas apa yang menjadi dasar pemikiran dari indikator tersebut.

Pada saat berada dalam posisi loss, kadang tidak berani memutuskan untuk cut loss, meskipun saham tersebut sudah melewati cut loss poin awal yang kita tetapkan. semakin turun harganya semakin kita tidak rela untuk cut loss. sehingga kita mencari alasan bahwa secara fundamental saham ini cukup bagus, bisa di simpan sebagai investasi jangka panjang. jika pada saat pertama kali kita memutuskan untuk membeli saham tujuannya adalah untuk trading. JANGAN PERNAH mengubahnya menjadi investasi jangka panjang karena kita mau menunggu saham itu untung baru dilepas.

Memulai bisnis saham tidak ada bedanya dengan membuka bisnis lain. kita tidak bisa mengharapkan akan menikmati hasilnya setelah beberapa bulan. ada banyak sekali hal yang harus kita pelajari agar kita siap menjadi trader yang handal. namun kadang ada orang yang setelah membuka rekening di perusahaan sekuritas, langsung berharap sudah bisa gain secara konsisten. masa-masa sulit seorang trader ada di awal. jika kita bisa bertahan melewati prosesnya, barulah kita bisa mulai menikmati hasilnya.

Kerugian besar yang dialami seorang trader umumnya terjadi tidak lama setelah dia menikmati gain yang besar, ini karena pada saat mendapat gain yang besar, kepercayaan diri kita biasanya ada di puncak, kita merasa bahwa kita telah berhasil merasakan gerakan market, bahwa system kita akhirnya berhasil bergerak sesuai dengan market. saat ini biasanya kewaspadaan kita berada pada titik paling rendah, mungkin kita sudah tidak terlalu disiplin pada money management lagi, sehingga mengambil resiko yang lebih besar dari biasanya. kepercayaan diri harus selalu diperhatikan, pada saat semua transaksi kita untung, kita malah harus semakin waspada.

Jurnal trading jurnal adalah cara kita untuk mereview kelemahan dari sistem, bagaimana caranya kita bisa melakukan perbaikan jika kita tidak memiliki bahannya? memang membuat trading jurnal adalah pekerjaan yang agak merepotkan, tapi efeknya sangat membantu dalam perbaikan sistem kita. rata-rata trader yang sukses adalah seorang workaholic. mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk melakukan analisa, sehingga membuat trading jurnal hanyalah pekerjaan sepele buat mereka. apakah mungkin kita berharap menjadi trader sukses sedangkan hanya untuk membuat trading jurnal saja kita malas?

INFO :
Untuk menyingkirkan kebiasaan buruk, para trader harus mendefinisikan kesuksesan dan kegagalan dari setiap perdagangan pada basis, bagaimaan mereka mempertahankan rencana trading mereka dan bukan hanya menentukan hasil keuntungan dan kerugian. Jika Anda menutup sebuah perdagangan yang buruk (atau dengan kata lain, perdagangan tak beraturan yang bukan merupakan rencana trading Anda).
(Visited 20 times, 1 visits today)