Teleskop Terbesar Dunia Mulai Dibangun

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Setalah memakan waktu perencanaan selama bertahun-tahun dengan dana yang sangat besar, akhirnya teleskop optik terbesar di dunia mulai dibangun. Teleskop bernama ELT atau Extremely Large Telescope ini dikatakan akan mulai dapat beroperasi pada tahun 2024 mendatang. Meski pembangunannya memakan waktu yang sangat lama, keberadaan teleskop ini sangat penting untuk kemajuan sains dunia. Menurut Engadget, ELT memiliki lensa yang sangat besar dengan diameter mencapai 40 meter. ELT akan dibangun di Chile dan hingga saat ini merupakan teleskop optik terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Teleskop ini diharapkan bisa membantu ilmuwan untuk mengetahui kondisi antariksa, mengamati planet dan galaksi lain secara langsung, bahkan mengambil gambar yang lebih detail dari sebuah planet atau objek antariksa.

(Teleskop-teleskop luar angkasa) itu tak bisa memberi informasi soal ukuran atau kandungan planet. Hanya teleskop raksasa di bumi yang bisa menyediakan informasi semacam ituVice President Giant Magellan Telescope Corporation, Patrick McCarthy.

Gurun Atacama menjadi lokasi pembangunannya

Gurun Atacama menjadi lokasi pembangunannya, sebab daerah itu tiap tahun hanya mendapat curah hujan sebanyak 0,2 inci. Hujan memang dianggap menghambat penglihatan teleskop. Proyek pembangunan teleskop raksasa Magellan diperkirakan akan selesai pada 2021 dan, setelah menjalani proses pengaturan, kemungkinan dapat dioperasikan mulai 2024 atau 2025. (NBC News/Washington Post)

(Visited 15 times, 1 visits today)