Tool Gratis untuk Mencari dan Memverifikasi Berita di Internet

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

tools

Pada era digital sekarang ini, peredaran berita hoax atau berita palsu semakin marak dan menyebar dengan sangat cepat melalui berbagai media yang ada, khususnya media online. Sebagai pengguna aktif media online, kita tentunya harus bisa mencermati dengan baik, mana berita yang palsu dan mana berita yang teruji kebenarannya. Karena, jika kita salah menyaring informasi, maka kita akan terjerumus pada informasi yang salah, sehingga membuat kita tidak dapat menyerap informasi dengan baik.

Mencari berita dan memverifikasi sebuah konten adalah hal yang sangat penting bagi para pencari berita di seluruh dunia. Hingga saat ini, masih banyak pengguna yang mengandalkan cara-cara konvensional seperti melakukan cross-checking dengan sumber lainnya, atau bahkan menggunakan solusi berbayar untuk melakukan riset dengan berbagai tool.

Guna memudahkan pengguna dalam menyaring beragam berita yang beredar secara online, JurnalApps kali ini akan memberikan rangkuman mengenai beberapa tool yang dapat digunakan untuk mencari dan memverifikasi berita-berita tersebut.

1. Google Image Search tidak hanya untuk mencari gambar, tapi untuk cari berita benar!

Setidaknya kita harus berulang kali melakukan riset dan verifikasi sebelum menyebarkan berita yang kita dapat. Dan hal ini dapat dimungkinkan dengan adanya Google Image Search. Memanfaatkan algoritme identifikasi gambar yang termutakhir, Google Image Search bisa memindai gambar yang kita unggah dan menampilkan milyaran hasil pencarian yang memanfaatkan keandalan mesin pencari Google. Dengan reverse image search  kita akan mengunggah gambar yang ingin kitaselidiki, nantinya Google Image Search akan menampilkan berbagai tautan yang bisa kita cocokkan dengan sumber gambar yang asli.

2. Tahu 'Pipl'? Bisa cek keabsahan narasumber dari sini!

Pipl bisa menemukan narasumber yang kredibel nan terpercaya. Pipl akan menelusuri web dan memberikanmu informasi dan detail kontak dari narasumber yang ada! Nama, username, lokasi, nomor telepon, dan bahkan umur bisa kamu temukan di Pipl yang hasil pencariannya bersumber pada media sosial dan lainnya. Intinya, originalitas atau tidaknya suatu berita bisa kamu temukan langsung dari narasumbernya!

3. Trendsmap tampilkan hal yang sedang trend!

Suatu breaking news, berita pendek atau info terkini sumber utamanya masih di media sosial Twitter. Nah, Trendsmap bisa mengetahui apa saja sih topik yang sedang hangat dibicarakan oleh pengguna Twitter. Dengan tool ini kamu bisa menilai sendiri mana berita yang benar atau hanya di buat-buat. Trendsmap bisa kamu manfaatkan dengan gratis pun berbayar!

(Visited 12 times, 1 visits today)