4 Sumber Pendapatan YouTuber Selain dari AdSense

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Seperti kita tahu sekarang ini Youtube bukanlah sekadar media berbagi video. Tapi lebih dari itu Youtube bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan/uang melalui berbagai program yang disediakan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak sekali pemain Youtube (Youtubers) yang sukses. Mereka bisa mendulang rupiah dalam jumlah banyak dari kegiatan kreasi konten video dan menguploadnya ke Youtube.

INFO :
Dikutip dari BBC, Kamis (28/12/2017), travel vlogger asal Amerika Serikat yang tinggal di London, Evan Edinger menghitung, kreator konten akan mendapatkan sekitar 1.000 hingga 5.000 dollar AS (Rp 13,5 juta – Rp 67,5 juta) setiap videonya ditonton satu juta kali

YouTuber dapat menghasilkan uang melalui cara lain di luar AdSense.

Patreon merupakan sebuah platform urun dana (crowdfunding) yang mempertemukan pencipta karya dan penggemar mereka. Patreon biasanya digunakan para seniman untuk menggalang dana demi menciptakan karya.

Beberapa produk yang meng-endorse para YouTuber memasukan linkYouTube pada halaman resminya. Jika pengunjung situs mengeklik linkvideo YouTuber yang dipajang itu, maka view akan bertambah, sehingga trafik ini menghasilkan uang bagi pemilik kanal.

Cara ini biasanya digunakan oleh para beauty dan fashion vlogger yang mengulas alat-alat makeup yang tengah mereka gunakan atau yang disodorkan vendor.

Beberapa YouTuber menjual cinderamata atau mercandise ke sejumlah fans. Merchandise itu bisa berupa poster, topi, kaos, hingga buku.

Beberapa YouTuber yang memang berkecimpung di kanal tertentu seringkali mendapatkan permintaan dari sejumlah vendor yang memiliki merek untuk membuat konten video.

Biasanya, perusahaan meminta YouTuber untuk membuat video eksklusif yang berisi konten mengenai produk mereka. Sebagai kompensasi, perusahaan memberikan YouTuber sejumlah uang tunai dalam jumlah besar untuk mendukung produksi video.

INFO :
Lalu berapa penghasilan dari Youtube yang bisa didapat? Pastinya beragam, tergantung Channelnya.

Dilansir dari situs SocialBlade, penghasilan channel YtCrash saja bisa menyentuh angka $128.000 per tahunnya. Lihat data screenshot di bawah ini.

(Visited 29 times, 1 visits today)