5 Tip agar Kamu Tetap Produktif meski Tengah Berpuasa Selama Ramadan

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Sejak tanggal 27 Mei 2017 lalu, umat muslim di seluruh dunia kembali menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. Tanpa asupan makanan dan minuman selama lebih dari dua belas jam, kondisi tersebut bisa berdampak pada fokus dan energi kaum profesional muslim selama Ramadan.

Hal itu tentu tidak bisa menjadi alasan untuk menurunkan produktivitas kerja. Guna mengurangi dampak negatif akibat menjalankan ibadah puasa, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif selama Ramadan.

Salah satu tantangan berat saat berpuasa adalah menahan rasa haus. Terlebih jika cuaca sedang terik dan harus melakukan kerja fisik. Sebenarnya, rasa haus adalah sinyal bahwa tubuh kekurangan cairan. Agar Anda bisa menahan rasa haus meskipun bekerja, cobalah untuk meminum air putih lebih banyak di antara waktu berbuka puasa dan sahur.

Jika, sehari sebelumnya tubuh kamu banyak mengeluarkan cairan, coba tingkatkan jumlah air putih yang kamu minum. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan, kemungkinan merasakan haus dan lemas akibat dehidrasi bisa diminimalisir dan Produktivitas Anda pun tidak terganggu.

Selama Ramadan, Anda harus menjalankan tarawih dan sahur. Namun, usahakan agar kebutuhan tidurmu tetap tercukupi. Sebab, dengan waktu istirahat yang cukup, tubuh jadi tidak mudah lelah saat harus melakukan pekerjaan fisik yang berat.

Untuk itu, cobalah meningkatkan kualitas tidur dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Selain itu, kurangi atau hentikan sama sekali konsumsi kafein selama puasa agar istirahat kamu makin berkualitas.

Ketika berpuasa terkadang kita sering khilad ketika memasuki waktu sahur maupun berbuka puasa. Apapun yang ada di meja makan pasti ingin dihabiskan.

Perlu diingat bahwa makanan yang dikonsumsi saat berpuasa sangatlah berpengaruh terhadap produktivitas kerja kita.

Terutama saat sahur, karena makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh selama aktivitas di siang hari. Jadi, pilih makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, perbanyak konsumsi air putih. Air putih juga memiliki peran penting dalam tubuh, terutama dalam menjaga kadar oksigen tubuh agar tidak mudah merasa lemas dan kantuk.

Istirahat yang cukup juga bisa membantu dalam menjaga produktivitas saat berpuasa. Jangan pernah memforsir diri Anda untuk dalam bekerja. Selain itu, jaga pola tidur Anda selama puasa.

Dengan pola tidur yang kurang dari 7 jam per hari akan memberikan dampak yang buruk saat siang harinya, seperti penurunan daya ingat, sulit berkonsentrasi dan lemas.

Rasa malas dan mengantuk kadang menjadi cobaan tersendiri saat puasa. Yang pasti, jangan menunda-nunda pekerjaan Anda. Makin cepat Anda selesaikan di pagi hari, akan lebih baik karena pikiran masih fresh. Anda bisa pulang tepat waktu yang menikmati waktu buka puasa tanpa memikirkan tugas-tugas yang belum selesai.

INFO :
Kalaupun masih terasa malas dan tidak bersemangat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, misalnya cuci muka, senam ringan dan sebagainya. Namun cara yang paling mudah adalah mendengarkan lagu yang bisa membangkitkan mood. Ambil headphone Anda dan dengarkan lagu-lagu yang membuat Anda termotivasi untuk menyelesaikan tugas kantor dengan baik.
(Visited 25 times, 1 visits today)