6 Topik Teratas Google Trend Indonesia Tahun 2016

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

google-trend

Menjelang akhir tahun, Google mengumumkan hasil rangkuman pencarian yang trend di Indonesia sepanjang tahun 2016 hari ini, Rabu (14/12/16). Rangkuman serupa juga dihimpun dari mesin pencarian Google Search di 70 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Meninjau kembali data dari mesin pencarian tidak hanya mengembalikan kenangan, namun juga membantu kami dalam mempelajari lebih dalam minat dan tren yang terjadi di kalangan pengguna mesin pencarian Google,” ujar Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen. Google menghimpun pencarian dengan lonjakan tertinggi pada tahun ini menjadi 10 topik. Kesepuluh topik tersebut adalah Joey Alexander, Jessica Kumala Wongso, Rio Haryanto, Demo 4 November, Mukidi, Donald Trump, Gempa Aceh, Timnas Indonesia, Gerhana Matahari, dan Pokemon Go.

Berikut urutan dari mulai yang terbanyak atau terpopuler hingga yang lebih sedikit.

Game yang dikembangkan Niantic Labs ini sempat menjadi fenomena dunia ketika diluncurkan pada Juli lalu. Sebulan setelahnya, pada Agustus 2016, Pokemon Go resmi hadir di Indonesia dan mendapat antusiasme tinggi. Google pun menobatkan Pokemon Go sebagai topik paling populer sepanjang 2016.

Pada 9 Maret lalu, gerhana matahari total melintas di sebagian besar wilayah Indonesia. Peta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa kota besar pertama yang dilalui gerhana matahari ini adalah Kota Palembang.

Peristiwa langka ini menjadi obrolan masyarakat di ranah maya dan nyata, lokal maupun mancanegara. Banyak turis yang berdatangan ke kota-kota lintasan gerhana matahari di Indonesia. Topik ini menjadi yang terpopuler kedua di Google Indonesia sepanjang 2016.

Pencarian soal Timnas Indonesia menjadi populer di kolom pencarian Google selama Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro pada Agusus lalu. Terlebih lagi, tim ganda campuran Owi-Butet berhasil meraih medali emas untuk Indonesia.

Kata kunci tersebut kembali dicari selama ajang AFF yang masih berlangsung. Netizen berbondong-bondong mencari tahu berita terbaru soal tim sepak bola kebanggaan Tanah Air melalui Google.

Pada 7 Desember lalu, gempa besar kembali terjadi di Aceh. Kali ini bermagnitudo 6,5 dan menewaskan setidaknya 25 orang. Tak kurang dari 26 orang luka berat dan beberapa tempat ibadah serta ruko roboh. Peristiwa ini ramai diperbincangkan di internet dan dicari tahu melalui mesin pencari Google.

Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump mencatat fenomena tersendiri di internet. Pernyataan-pernyataan kontroversialnya berhasil mengusik rasa ingin tahu netizen terkait apa saja yang berkaitan dengan dirinya.

Agustus lalu, ranah maya dibuat heboh dengan nama Mukidi. Kala itu, hampir semua konten berbau humor disisipi tokoh Mukidi.

Penelusuran untuk “Timnas Indonesia” menempati peringkat ke-3, meningkat pada saat pertandingan Olimpiade Rio 2016 dan Piala AFF 2016. Hal yang sama juga terjadi saat masyarakat Indonesia menunjukkan dukungannya untuk Rio Haryanto dan Joey Alexander.

Mencari perspektif. Saat demo 4 November dan tragedi bom Sarinah, orang Indonesia menelusuri “alasan untuk demo 4 november” hingga “siapa pelaku bom Sarinah”.

(Visited 25 times, 1 visits today)