Ada Badak di Google Doodle Hari Ini, Ternyata ini Alasannya

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

google doodle

Memasuki hari minggu, ada yang baru di halaman utama Google. Pada halaman utama Google hari ini, Minggu (26/2/2017), gambar dua ekor badak bercula menjadi Google Doodle. Dua ekor badak, masing-masing sedang asyik berendam di dalam air.

Ulang Tahun ke 25 Taman Nasional Ujung Kulon

Badak Jawa bercula satu muncul dalam Google Doodle hari ini, Minggu (26/2/2017), untuk merayakan peringatan 25 tahun Taman Nasional Ujung Kulon. Meski disebut baru berusia 25 tahun, sebenarnya keberadaan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sendiri sudah sejak lama. Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon pertama kali diperkenalkan oleh F Junghun pada 1846 silam saat dia sedang mengumpulkan informasi mengenai berbagai tumbuhan tropis. Saat itu, statusnya masih sebagai sebuah kawasan hutan.

“Hanya ada 50 Badak Jawa yang ada di dunia dan hari ini kami memberi penghormatan pada rumah mereka: Ujung Kulon, tempat perlindungan satwa liar di ujung paling barat Pulau Jawa,” demikian penjelasan pihak Google.

Fakta Menarik Tentang Taman Nasional Ujung Kulon

Selain badak bercula satu, Taman Nasional Ujung Kulon juga menawarkan perlindungan untuk satwa terancam punah lain seperti banteng dan macan tutul, dan macan tutul Jawa.

INFO :
Keanekaragaman tumbuhan dan satwa di Taman Nasional Ujung Kulon mulai dikenal oleh para peneliti, pakar botani Belanda dan Inggris sejak tahun 1820. “Sekitar 700 jenis tumbuhan terlindungi dengan baik dan 57 jenis diantaranya langka seperti merbau (intsia bijuga), palahlar (dipterocarpus haseltii), bungur (lagerstroemia speciosa), cerlang (pterospermum diversifolium), ki hujan (engelhardia serrata) dan berbagai macam jenis anggrek.
(Visited 35 times, 1 visits today)