Alat Bantu Tampilan Risk / Reward Pada Metatrader

In Panduan Menggunakan Indikator by Kia Pratiwi

Seperti Anda ketahui risk/reward ratio adalah salah satu komponen utama dalam money management. Bagi trader yang belum pernah menggunakannya, cara ini akan sangat membantu dalam menentukan level stop dan target karena bisa langsung diterapkan pada platform trading, termasuk pada platform populer Metatrader.

Berikut contoh tampilannya pada platform Metatrader:
Selain mempermudah analisa trading Anda dalam melihat potensi risk/reward, penampilan level stop dan target akan sangat berguna untuk keperluan evaluasi dalam jurnal trading. Untuk menentukan level-level target, terlebih dahulu Anda harus menetapkan besarnya resiko atau level stop loss. Besar resiko dalam pip lazim disingkat dengan R (Risk), dan level-level target (profit) ditentukan berdasarkan R. Untuk risk/reward ratio 1:2 maka besarnya resiko = 1R dan target = 2R. Risk/reward ratio tidak harus berupa perbandingan angka bulat, bisa juga pecahan semisal 1:1.3 tergantung dari analisa Anda pada kondisi pasar saat itu. Dengan menampilkan level stop dan target maka Anda tidak trading secara ’’buta’’, atau menentukan potensi loss atau profit hanya dengan perkiraan semata.
Memanfaatkan Fibonacci Retracement Tool pada Metatrader
Untuk menampilkan level-level stop dan target kita bisa memanfaatkan alat bantu Fibonacci Retracement pada platform Metatrader:
Bisa juga masuk ke: Insert – Fibonacci – Retracement.
Kemudian akan tampak garis Fibonacci Retracement dengan level-level Default Fibonanci Retracement  (0. 23.6, 38.2, 50.0 dan seterusnya). Kita akan memanfaatkan level-level default tersebut dan menggantinya dengan level stop dan target yang kita kehendaki. Untuk itu kita harus tampilkan Fibo properties box dengan meng-klik kanan garis Fibo Retracement:
Setelah itu kita delete semua level kecuali level 0 dan 1. Level 0 menunjukkan level stop loss atau besarnya resiko sedang level 1 menunjukkan level entry kita. Untuk itu pada kolom Description kita bisa tuliskan ’’STOP LOSS’’ untuk level 0 dan ENTRY untuk level 1. Anda juga bisa menuliskan apa saja sesuai yang Anda kehendaki untuk memudahkan pengamatan.

Kita bisa tambahkan (Add) level dengan angka 2 untuk level target yang besarnya 1R, dan angka 3 untuk level target yang besarnya 2R. Ini artinya jarak level 0 (level STOP LOSS) ke level 2 (1R) adalah 2 kali jarak level 0 ke level 1 (level ENTRY), demikian pula jarak level 0 ke level 3 (2R) adalah 3 kali jarak level 0 ke level 1. Jika dikehendaki level target 1.5 kali level resiko (risk/reward ratio = 1:1.5), maka angka pada level 2 diganti dengan 2.5, dan description-nya diganti dengan 1.5R. Selanjutnya level 4 adalah untuk level target yang besarnya 3R, dan seterusnya.

(Visited 29 times, 1 visits today)