Alexander Elder: Sukses Sebagai Trader Dan Guru Trading

In Kisah Sukses Dari Trading by Reza Pahlevi

Dr. Alexander Elder adalah seorang trader profesional, penulis buku mengenai trading dan investasi, trainer, konsultan dan motivator trading terkemuka. Diantara puluhan bukunya yang terkenal antara lain ‘Trading for a Living’ (international best seller 1993), ‘Come into My Trading Room’ (Barron’s 2002 Book of the Year) dan ‘Entries & Exits’. Bagaimana perjalanan suksesnya, dan pelajaran apa saja yang bisa kita petik? Simak di sini.

alex2

Latar belakang Alexander Elder adalah seorang dokter medis dan sekaligus psikiater. Lahir di Leningrad, Russia dimana ia belajar ilmu kedokteran. Pada usia 23 tahun, ia memperoleh suaka politik dari pemerintah Amerika Serikat dan bekerja di New York City sebagai psikiater serta mengajar di Columbia University. Disinilah Elder mulai tertarik dengan perdagangan di pasar saham.

Saham pertama yang dibelinya adalah KinderCare. Setelah belajar mengetahui seluk beluk trading di pasar saham, ia mulai fokus juga di pasar option. Menurut Alexander Elder yang juga menciptakan metode ‘Triple Screen Trading System’ ini, yang paling penting dalam trading adalah psikologi (mungkin karena latar belakangnya yang psikiater), baru kemudian penggunaan kombinasi analisa teknikal dan money management yang tepat.

alex1Tinggal di New York City dan trading di berbagai jenis pasar, Elder mempelopori sekolah khusus bagi para trader yang dinamakan ‘Traders’ Camp’ dan ‘Spike Group’. Ia sangat handal dalam mengajar dan berbicara di berbagai seminar. Ide dan caranya dalam mentransfer pengetahuan trading banyak mendapat pujian dan banyak ditiru. Di samping trading untuk dirinya sendiri dan para client, Alexander Elder memang komit dalam membantu para trader agar bisa mumpuni dan percaya diri saat trading, seperti motto pada website perusahaannnya elder.com: Education for Intelligent Traders.

Dr. Alexander Elder mengerti dengan detail apa yang mendasari alur transaksi trading, bagaimana seharusnya cara berpikir sebelum memulai transaksi, ketika punya posisi trading dan setelah menutup sebuah transaksi. Menurutnya, ada 3 tingkatan trading:

1. Trader yang mahir dalam analisa teknikal tetapi tidak memahami bahwa psikologi trading yang merupakan komponen utama dalam menentukan cara berpikir dan mengendalikan emosi.
2. Trader yang menyadari bahwa meskipun ia mahir dalam analisa teknikal tetapi hal itu tidak menjamin sukses trading. Pada tingkatan ini trader akan mencari dan mencoba cara-cara baru serta menghindari cara lama yang telah gagal. Dr. Elder menyebut ini sebagai kebangkitan pemahaman psikologi trading.
3. Trader yang telah memahami bahwa untuk sukses dalam trading diperlukan pengendalian emosi yang benar dan strategi money management yang disiplin. Tanpa mengendalikan emosi trader akan sulit untuk mengantisipasi pergerakan harga selanjutnya, dan tanpa money management yang disiplin trader akan menggunakan emosinya untuk ‘memaksakan’ keuntungan, hal yang sangat alami.

Seperti yang ditulis dalam bukunya ‘Trading for a Living’, Alexander Elder berujar, “Pada mulanya saya trading dengan lambat dan tidak berkembang sampai saya menyadari bahwa kunci sukses trading ada di kepala saya, bukan di dalam komputer. Ada yang mengatakan bahwa trading itu gampang-gampang susah, itu tidak benar. Untuk sukses dalam trading dibutuhkan pengetahuan yang dalam dan disiplin yang tinggi. Mitos bahwa saya rugi besar karena tidak tahu rahasia trading itu sama sekali keliru. Rahasia dalam trading itu hanya fantasi. Kalaupun ada, hanya ada 3 rahasia: psikologi, analisa pasar dan sistem trading serta money management. Semuanya mesti dilakukan dengan sangat disiplin.”

Catatan
Selain di pasar saham dan option, Alexander Elder juga trading di pasar futures yang menurutnya paling menguntungkan. Di samping terus menulis buku, ia juga praktek sebagai psikiater secara part-time selepas jam trading.
(Visited 67 times, 1 visits today)