Asal Usul Alfabet dan Bahasa Tertulis Tertua di Dunia

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Menulis secara tradisional dianggap sebagai salah satu syarat bagi masyarakat, untuk dianggap sebuah bagian peradaban. Berbagai sistem penulisan telah diciptakan oleh peradaban besar dunia, salah satu yang dikenal adalah tulisan alfabet. Jenis tulisan ini ditandai dengan satu rangkaian standar huruf, yang masing-masing mewakili suara dasar bahasa lisan yang signifikan (dikenal sebagai fonem). Contoh sistem penulisan alfabet diantaranya abjad Latin, huruf Arab dan abjad Cyrillic.

Lantaran alfabet memainkan peran penting di dunia saat ini, ternyata sistem penulisan tersebut belum ada sejak awal peradaban. Untuk menggambarkan hal ini, di Mesopotamia yang dianggap sebagai peradaban tertua di dunia, sistem penulisan dikenal sebagai skrip runcing yang ditemukan oleh orang Sumeria menjelang akhir adab ke-4 sebelum Masehi (SM).

Asal alfabet telah dilacak ke Mesir kuno. Pada saat itu, orang Mesir menggunakan hieroglif. Sistem ini terdiri dari kedua logogram (huruf/simbol/tanda yang dapat digunakan untuk mewakili keseluruhan kata) dan fonem.

Telah diusulkan bahwa awal sistem abjad dahulu didasarkan pada tulisan hieroglif Mesir. Sistem ini dinamakan ‘Proto Sinaitik’, yang diperkirakan berkembang baik selama abad ke-19 SM oleh para pekerja Kanaan yang tinggal di Semenanjung Sinai, atau juga selama abad ke-15 SM oleh para pekerja Semit yang tinggal di sekitar Mesir tengah.

Bahasa Tertua di Dunia
Ibrani adalah bahasa dan tulisan, dengan penggunaan umum diawali sekitar 400 Masehi dan kemudian tetap dipelihara sebagai bahasa liturgis untuk orang Yahudi di seluruh dunia. Namun, seiring dengan meningkatnya Zionisme 19 dan abad ke-20, bahasa Ibrani terus diproses menjadi bahasa resmi Israel. Versi modern berbeda dari versi Alkitab, penutur asli bahasa Ibrani sepenuhnya memahami apa yang tertulis dalam Perjanjian lama Alkitab dan teks yang ada di dalamnya. Namun Ibrani Modern sering memilih Yiddish sebagai bahasa asli mereka, Ibrani Modern dalam banyak hal telah dipengaruhi oleh bahasa lain Yahudi.
(Visited 206 times, 1 visits today)