AUD/USD Jeblok Gegara Ritel Australia Nihil Pertumbuhan

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Dolar Australia jeblok di sesi Asia, Kamis (07/Sept) hari ini setelah Data Neraca Perdagangan dan Penjualan Retail Australia diumumkan. AUD/USD diperdagangkan pada harga 0.7989, turun dari kisaran 0.8009 yang tercapai sebelum laporan tersebut dipublikasikan.

Menurut Biro Statistik ABS Australia, Penjualan Ritel terpantau datar tanpa kenaikan selama bulan Juli dalam penyesuaian musiman. Data tersebut meleset dari ekspektasi kenaikan penjualan ritel sebanyak 0.2 persen.

Itu merupakan hasil yang terlemah sejak bulan Maret, ketika Badai Debbie melanda Australia dan menyebabkan kerusakan besar di wilayah tenggara Queensland dan sebagian wilayah utara New South Wales.

Sedangkan apabila sektor makanan tidak disertakan, karena dianggap volatil, maka Penjualan Ritel Australia tergelincir sebanyak 0.5 persen, dari kenaikan 0.2 persen pada bulan sebelumnya. Melemahnya penjualan ritel Australia dipmpin oleh merosotnya penjualan di Departemen Store. Penjualan pakaian mengalami penurunan sebanyak 1.7 persen.

Sementara itu, Neraca Perdagangan Australia mencatatkan penyempitan tajam surplus untuk bulan Juli, menjadi AUD460 miliar, dibandingkan dengan surplus AUD875 juta sebelumnya. Menyempitnya surplus perdagangan Australia tersebut diperkirakan akibat kuatnya nilai tukar Dolar Australia sehingga menurunkan ekspor bijih besi dan komoditas lain yang menjadi ekspor utama Australia.

Menurut Bruce Hockman, Kepala Ekonom ABS, perubahan harga batu bara dan bijih besi rupanya memberikan dampak yang signifikan pada ekonomi Australia, khususnya pada pendapatan dan pemasukan riil, walaupun volume ekspor terus tumbuh pada kuartal bulan Juni.

Di sisi lain, Dolar AS sebagai rival Dolar Australia mengalami pemulihan dari level rendah terhadap mata uang-mata uang mayor sehubungan dengan mulai meredanya konflik di Semenenjung Korea dan laporan mengenai data pertumbuhan sektor jasa AS yang mengalami kenaikan, sedikit mengangkat sentimen risiko.

(Visited 21 times, 1 visits today)