AUD/USD Melonjak Pasca Data Building Approval

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Dolar Australia melompat terhadap Dolar AS di sesi perdagangan Rabu (30/Agustus) hari ini, setelah data Building Approval dan Konstruksi Australia dilaporkan jauh lebih baik daripada prediksi.

Data itupun sebetulnya tidak menunjukkan peningkatan. Building Approval Australia untuk konstruksi rumah baru, mengalami penurunan 1.7 persen pada bulan Juli. Namun, yang melegakan adalah, karena angka tersebut jauh lebih baik daripada perkiraan penurunan sebanyak 5.0 persen yang dihitung sebelumnya oleh para analis.

Data ekonomi yang lebih baik daripada ekspektasi semacam itu, mengangkat nilai tukar Dolar Australia, dengan kenaikan AUD/USD hingga 0.7993, dari sebelumnya di kisaran 0.7968.

Jumlah Pekerjaan Konstruksi yang selesai di Australia meroket sampai 9.3 persen pada bulan Juni (QoQ), jauh lebih tinggi daripada ekspektasi kenaikan yang hanya 1 persen. Sementara itu, kontrak persetujuan pembangunan rumah-rumah swasta di Negeri Kanguru tercatat stabil pada bulan Juli, meski ada kemerosotan dalam sektor apartemen hingga 6.7 persen, demikian yang tercatat oleh Biro Statistik ABS.

Kenaikan Dolar Australia terhadap Dolar AS tersebut terjadi meski hari ini Dolar AS mulai menguat setelah dihantam oleh ketegangan geopolitik akibat uji coba rudal Korea Utara ke Jepang kemarin. Secara umum, analis mengamati bahwa Dolar Australia masih diperdagangakan dalam rentang yang sempit terhadap Dolar AS pada grafik harian, dalam beberapa minggu terakhir.

Note :
AUD/USD belum melemah jauh seperti yang diharapkan oleh Bank Sentral Australia (RBA), sejak awal tahun 2017 ini. Meski demikian, investor tetap mengawasi dengan seksama pergerakan Dolar Australia karena yakin bahwa hal ini akan menjadi pertimbangan RBA dalam menyusun kebijakan mmoneternya minggu depan.
(Visited 29 times, 1 visits today)