AUD/USD Naik Abaikan Data Konstruksi, Pidato Lowe RBA

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Dolar Australia mengabaikan buruknya data pekerjaan konstruksi. Jumlah Pekerjaan Konstruksi yang selesai dilaporkan melorot 0.2 persen QoQ di kuartal keempat 2016. Angka tersebut gagal memenuhi ekspektasi kenaikan 0.5 persen. Penurunan data konstruksi Australia di kuartal ketiga direvisi menurun, dari penurunan 4.9 persen, menjadi 4.4 persen.

AUDUSDData Pekerjaan Konstruksi merupakan komponen penting yang memengaruhi GDP Australia dan diperhatikan pula oleh Bank Sentral Australia (RBA) sebagai monitor kondisi pasar perumahan. Bank Sentral menegaskan bahwa data konstruksi berpengaruh pada standar pinjaman hipotek. RBA mengekspektasikan, ketersediaan apartemen di Australia dijadwalkan akan masuk sebagai pertimbangan mereka di sektor properti beberapa tahun mendatang. Apartemen di wilayah ibukota bagian timur akan menjadi fokus. Rincian laporan Konstruksi Australia hari ini adalah: Pembuatan Perumahan Swasta Mencapai nilai A$8.23 miliar. Ini merupakan kenaikan dari angka sebelumnya di kisaran 8.16 miliar.

Dalam pidatonya Rabu (22/Feb) ini, Gubernur RBA, Philip Lowe, memperingatkan soal risiko dari peningkatan pinjaman kepada masyarakat di tengah suku bunga acuan RBA yang sudah serendah 1.5 persen. Menurut Lowe, gencarnya bunga pinjaman murah justru dapat membuat masyarakat makin awas. Bagi masyarakat yang sudah menyadari terlalu banyak utang, maka bisa jadi mereka akan mengerem belanja mereka dengan tajam untuk mencukupi kebutuhan dan mengembalikan bunga pinjaman. Jika demikian, perekonomian Australia secara keseluruhan dapat terganggu, lanjut Lowe. “Memang sulit untuk mengukur seberapa besar risiko tersebut, tapi juga sulit untuk diabaikan. Jadi, seperti yang saya bilang tadi, fokus kami adalah pada jangka menengah, tidak cuma untuk tahun depan saja,” Mengenai inflasi, Lowe menyadari bahwa inflasi Australia masih rendah. Kendati demikian, ia mengatakan bahwa risikonya masih rendah sehingga belum memerlukan kebijakan baru.

Informasi
AUD/USD diperdagangkan di angka 0.7695 dari low 0.7667 sebelum pidato Lowe dan laporan Data Konstruksi. Pair tersebut kemudian diperdagangkan di angka 0.7689 saat berita ini ditulis.
(Visited 29 times, 1 visits today)