Australia: Kondisi bisnis yang sangat sehat, namun kepercayaan diri tidak begitu riang – NAB

In Berita Fundamental Forex by Della Fitriani

Analis di NAB mencatat bahwa kondisi bisnis Australia (rata-rata kondisi perdagangan / penjualan, profitabilitas dan lapangan kerja) meningkat sedikit lebih jauh di Q4, dari tingkat yang sudah meningkat.

Kata Kunci
“Kondisi bisnis naik menjadi +15 di Q4, yang jauh di atas rata-rata jangka panjang +1 dan merupakan level tertingginya sejak awal 2008. Kondisi bisnis juga positif di semua industri hanya untuk kedua kalinya sejak awal 2008. Namun, ritel kondisi terus tertinggal jauh di belakang industri lainnya, meski terjadi peningkatan yang signifikan di kuartal tersebut. “

Survei triwulanan terus menunjukkan keterputusan antara kepercayaan bisnis

"Survei triwulanan terus menunjukkan keterputusan antara kepercayaan bisnis (yang mencelupkan 2 poin, menjadi +6 poin indeks) dan kondisi bisnis, meskipun Survei bulanan mengindikasikan adanya keterkejutan di akhir kuartal menyusul lonjakan kepercayaan. Namun, meski melaporkan sedikit kemunduran dalam kepercayaan selama kuartal keempat, perusahaan masih mengindikasikan niat investasi yang lebih kuat dalam 12 bulan ke depan - konsisten dengan kenaikan mantap yang terlihat pada tingkat utilisasi kapasitas. Perusahaan yang mengalami kemerosotan dalam kepercayaan sebagian besar menunjuk pada biaya upah, bersamaan dengan prospek bisnis dan tekanan marjin yang lebih luas sebagai faktor utama di balik perubahan tersebut. "

"Secara keseluruhan, indikator terdepan membaik pada triwulan keempat dan mempertahankan tingkat yang menunjukkan ekspansi lanjutan dalam 12 bulan ke depan. Perintah forward naik, seperti juga harapan untuk kondisi bisnis baik dalam 3 bulan dan 12 bulan. Tingkat utilisasi kapasitas naik sedikit (di 82,5% dibandingkan dengan rata-rata jangka panjang sebesar 80,6%), yang merupakan tanda yang menggembirakan bagi permintaan tenaga kerja dan belanja modal di masa depan. Sejalan dengan itu, ekspektasi ketenagakerjaan dan rencana belanja modal (12 bulan ke depan) diperkuat. Konon, pertumbuhan biaya tenaga kerja (ukuran upah upah) tetap stabil, namun indikator lain dari Survei tersebut mengarah ke pasar kerja yang lebih ketat. Secara khusus, lebih banyak perusahaan menunjukkan bahwa lebih sulit untuk menemukan tenaga kerja yang sesuai daripada tahun lalu - sebuah indikator yang cenderung sangat berkorelasi dengan tingkat pengangguran (hal7 & 8). "

"Melihat industri konstruksi secara lebih rinci, kondisi konstruksi perumahan sedikit berkurang, namun tetap cukup positif meski ada kekhawatiran tentang kelebihan pasokan, sementara layanan konstruksi dan konstruksi lainnya terus meningkat."

"Survei ini menunjukkan tekanan inflasi yang tertekan, namun biaya tenaga kerja (ukuran upah upah) masih jauh dari posisi terendah baru-baru ini. Inflasi harga produk naik tipis, sementara pertumbuhan harga untuk produk akhir stabil - namun indeks margin survei justru membaik. Harga eceran hanya melihat pertumbuhan sederhana di kuartal ini, menurut Survei. "

(Visited 13 times, 1 visits today)