Bagaimana Cara menghentikan Kebiasaan Buruk Dalam Trading Forex??

In Tips Trading by Della Fitriani

stop kebiasaan buruk

Semua orang pasti tidak ingin bisnisnya rugi. Tapi sayangnya tidak ada orang yang diberkati dengan kemampuan untuk tetap untung sepanjang masa, sehingga kerugian merupakan bagian yang tak terhindarkan dari suatu bisnis. Jika selama ini Anda merasa diri Anda lebih besar pasak dari pada tiang alias lebih banyak rugi daripada keuntungan, semoga tulisan ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan cara untuk menghentikan kerugian tersebut.

Ketika kita sedang melakukan trading, hasil akhirnya hanya ada dua, yaitu keputusan yang trader lakukan itu benar atau malah salah. Bahkan jika kita hanya menutup di posisi nol (tidak untung dan tidak rugi) juga akan digolongkan sebagai suatu kesalahan fatal karena tidak ada seorang pun ingin tidak untung atau sekedar mendapatkan hasil impas.

Pada saat Anda menemukan diri terjebak dalam kerugian yang berturut-turut maka pastikan untuk melakukan evaluasi mengenai apa saja yang telah Anda lakukan. Biasanya langkah ini merupakan momen yang tidak diperhitungkan oleh trader. Semakin trader mengalami kerugian, ia akan jatuh dalam emosi balas dendam. Mungkin pada awalnya yang tampak tidak berbahaya dan Anda menikmatinya, tapi setelah penggunaan dana akun yang berlebihan dimulai (atau semakin lama waktu yang digunakan untuk membalas kekalahan), mulailah trader membabi buta.

Tanyakan pada diri sendiri Apakah Anda merasa melakukan beberapa hal berikut:
  • Malas untuk bangun pagi?
  • Trading terlalu banyak?
  • Mengambil lot dengan jumlah besar?
  • Tidak terima bila harga menyentuh stoploss?
  • Membiarkan floating semakin besar?

Semua hal di atas adalah contoh tingkah laku kita dalam melakukan trading secara berlebihan yang dapat merusak kesehatan fisik maupun mental. Mungkin selama ini Anda hanya “menutupi” rasa sakit tersebut, bukan dengan mencari penyebabnya lalu memberantasnya. Anda mencoba untuk meredakan rasa sakit emosional dengan mencoba mengalihkannya dengan kesenangan fisik, misalnya dengan mendengarkan musik, melakukan relaksasi, dan kegiatan lainnya. Sayangnya hal itu adalah cara yang salah untuk menghentikan kebiasaan di atas. Jadi apa yang harus Anda lakukan?

Warning :
Anda hanya perlu melakukan evaluasi diri. Setelah mengetahui penyebab kerugian yang selalu Anda derita, cegahlah hal tersebut dengan menghentikan kebiasaan buruk dengan segera! Anda dapat memutuskan untuk berhenti sekarang, atau Anda akan dipaksa untuk berhenti karena dana telah habis. Setelah mampu berhenti dan bisa menyadarinya maka tugas selanjutnya adalah jangan sampai mengulanginya lagi. Cobalah untuk selalu jujur dengan diri sendiri.
(Visited 36 times, 1 visits today)