Bagaimana Cara Menukar Uang Yang Sudah Tidak Berlaku ??

In Tips Trading by Della Fitriani

menukar uang

Disuatu Negara, ada masanya uang berubah. Baik itu yang berubah gambarnya, jenis bahan atau tintanya, ataupun nama mata uang itu sendiri. Setelah uang “versi baru” diluncurkan, maka uang lama biasanya ditarik dari peredaran secara bertahap, dan setelah beberapa tahun berlalu maka tidak lagi bisa dipergunakan sebagai alat tukar yang berlaku. Apa yang bisa kita lakukan bila kebetulan mendapatkan uang asing ataupun Rupiah yang sudah tidak berlaku seperti ini?

Money changer atau bank di Indonesia umumnya hanya menerima uang dalam kondisi prima dan merupakan rilisan terbaru. Dengan demikian, uang asing yang di negara asalnya pun sudah ditarik dari peredaran tentunya akan sulit sekali ditukarkan ke Rupiah. Namun, itu tidak lantas berarti uang yang sudah tidak berlaku tersebut cuma jadi sampah. Tergantung dari sebab mengapa uang tersebut tidak lagi berlaku dan negara asalnya, uang-uang lama itu bisa jadi masih bisa ditukar. Walaupun, tentu saja tempat penukarannya tidak bisa sembarangan.

Bagaimana Cara Menukar Uang Yang Sudah Tidak Berlaku ?

Amerika Serikat memiliki aturan khusus mengenai uangnya. Semua uang kertas Dolar AS yang pernah beredar di pasaran secara hukum bisa digunakan untuk selamanya di negara tersebut, walaupun uang cetakan baru sudah muncul. Namun demikian, money changer dan tempat penukaran uang lainnya di Indonesia seringkali tidak mau menerima Dolar AS bertahun emisi lama. Jadi, bagaimana? Solusinya, Anda bawa saja Dolar AS itu ke negara asalnya, gunakan untuk berbelanja atau ditukar ke mata uang lain via bank.

Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua negara memiliki kebijakan selonggar ini. Di kebanyakan negara, termasuk Indonesia, bank-bank dan toko menolak menerima uang lama yang sudah bertahun-tahun lalu ditarik dari peredaran. Ini karena ada peraturan mengenai jangka waktu penukaran uang lama dengan uang baru. Setelah melewati jangka waktu yang ditentukan, maka uang lama tidak lagi berlaku. Kalau kebetulan Anda memiliki uang lama semacam ini, maka Anda bisa mencoba alternatif lain dibawah ini.

INFO :
Tahukah Anda, dari zaman dahulu sudah ada pemalsuan uang. Jadi jika Anda menemukan uang lama atau mendapatkan warisan uang zaman dulu dari orang tua Anda, harus Anda cek dulu keaslian uang yang Anda dapatkan tersebut sebelum menukarkannya. Karena peredaran uang palsu sudah ada dari zaman dahulu !!
(Visited 2,961 times, 1 visits today)