Bagaimana Mata Uang China Bergerak Mempengaruhi A.S.?

In Panduan Forex Pemula by Della Fitriani

Sebagian besar media keuangan mungkin masih terfokus pada percepatan spiral Yunani atau demonstrasi anti-Wall Street di New York City, namun China mengambil sebuah halaman dari buku Glenn Close pada hari Rabu dan mengingatkan pasar bahwa hal itu tidak akan diabaikan. Namun, pertanyaan sebenarnya adalah apakah teknik tempur mata uang China dan rasa kebutaan yang jelas merupakan bahaya yang jelas dan aktual bagi bisnis, konsumen, dan investor A.S.

Apa yang terjadi

A.S. telah mencoba berbagai cara untuk membuat China menyesuaikan posisinya pada masalah mata uang seperti negosiasi, ancaman dan mencoba untuk membentuk sekutu dalam pertarungan. Baru-baru ini, Senat mengeluarkan sebuah undang-undang yang ditujukan untuk orang-orang China – meskipun secara resmi menargetkan negara manapun dengan “mata uang yang tidak tepat sasaran” – yang akan memberdayakan pemerintah untuk mengenakan tarif impor barang China jika nilai tukar tidak berubah.

Meskipun RUU tersebut nampaknya tidak bisa melewati DPR atau menandatangani undang-undang, orang-orang China tidak secara mengejutkan menanggapi dengan sedikit kemarahan yang adil. Termasuk dalam hal ini adalah peringatan yang diperlukan bahwa tindakan tersebut melanggar peraturan Organisasi Perdagangan Dunia dan dapat mendorong pembalasan dendam dan pada akhirnya merupakan perang dagang.

Itu tidak semua. Cina menambahkan sedikit kata-katanya saat ini. Setelah RUU tersebut disahkan, China mereset nilai tukar ke USD menjadi 6.3598, meningkat 116 pips. Pergerakan 0.116% tidak benar-benar merupakan changer dunia, namun ini membalikkan tren nilai tukar. Arti dari tindakan itu hilang tidak pada siapa pun. (Cari tahu bagaimana nilai relatif mata uang mencerminkan kesehatan ekonomi sebuah negara dan dampak investasi Anda kembali.

Apa artinya

Ini bukan langkah besar, dan ini tidak akan mengubah arus perdagangan atau bisnis secara dramatis. Dikatakan berbeda, pergerakan satu hari 0,2% tidak akan menggerakkan jarum pada harga barang di Walmart setempat (NYSE: WMT Toko Wal-Mart Inc WMT 75.93 -0,76% ). Selain itu, dampak dari langkah ini kemungkinan diperbesar oleh fakta bahwa pasar mata uang sangat gugup, tidak menyukai risiko dan kelaparan saat ini. Di pasar seperti itu, turbulensi apapun bisa meledak dalam proporsi cukup cepat. Ada arti lain, dan itu lebih penting. Langkah ini menegaskan kembali bahwa China tidak akan menjadi tulang rahang atau didorong oleh A.S. ketika menyangkut masalah kebijakan ekonomi. Mungkin lebih daripada kekuatan ekonomi utama lainnya saat ini, China sangat peka terhadap sedikit pelanggaran atau pelanggaran terhadap kedaulatan nasionalnya. Ini adalah hasil sampingan yang didorong oleh kekuatan Barat tidak lama yang lalu. Sementara Jepang mentolerir pagar politisi A.S. melawan praktik perdagangan “tidak adil” dengan sedikit reaksi publik, sekering China dipotong jauh lebih pendek. Sepanjang garis tersebut, pergerakan mata uang ini mengingatkan investor bahwa China dapat menjadi kekuatan destabilisasi utama dalam ekonomi global jika dan kapan ia ingin melakukannya. Sementara kepala politik dan keuangan A.S. dan Eropa mencoba untuk melakukan triase situasi di Yunani, China berdiri di samping amunisi untuk menyebabkan krisis kredit global lagi jika memang memilih untuk melakukannya (karena China juga kehilangan banyak kerugian darinya).

INFO :
asumsi bahwa China hanya membuat sebuah titik politik dan tidak bermaksud untuk memaksakan tren baru depresiasi yuan, dampak dari pergerakan khusus ini akan menjadi minimal. Ini adalah perubahan kecil bagi hampir semua orang yang bukan pedagang mata uang yang sangat leverage.
(Visited 18 times, 1 visits today)