Banjir Rendam 5 Desa di Brebes, 4.930 Jiwa Dievakuasi

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

banjir brebes

Banjir yang terjadi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akibat jebolnya tanggul Sungai Pemali membuat gelombang pengungsian di berbagai tempat.

Data yang dirilis oleh Basarnas Kantor SAR Semarang, Jumat (17/2/2017) pukul 00.40 WIB, jumlah pengungsi mencapai 4.930 orang. Mereka mengungsi di 10 tempat pengungsian. Jumlah pengungsi di GOR mencapai 1.075 jiwa. Adapun di Pulosari terdapat 850 pengungsi, Wangandalem 200 orang, Limbangan Kulon 300 orang, Krasak 260 orang, Terlangu 300 pengungsi, kantor DPRD 500 orang, Lengkong 1.350 orang, Oasis 65 jiwa, dan lainnya di Wisma Saditan.

Proses evakuasi di Saditan Baru, sebagian warga sudah mengungsi dan sebagian warga masih bertahan dan tidak mau dievakuasi. Sementara, air sudah mulai surutKepala Humas Basarnas Kantor SAR Semarang Zulhawary Agustianto

Tanggul Sungai Pemali Jebol di 4 Titik

Sejumlah tanggul penahan air di Sungai Pemali di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, jebol. Setidaknya ada empat titik tanggul jebol sehingga air meluber ke wilayah persawahan dan pemukiman penduduk.

Ni Made Sumiarsih, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana mengatakan, saat ini tercatat ada empat titik tanggul yang jebol di Sungai Pemali.

Penanganan empat titik tanggul akan dilakukan oleh Pemprov Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat, dalam hal ini BBWS Pemali Juwana.

Sungai Pemali sekarang jadi kewenangan provinsi sehingga kami tidak bisa masuk. Ada empat titik yang jebol dan gubernur Jateng kemarin sudah kirim surat agar kami masuk Made
(Visited 30 times, 1 visits today)