Batu Es Jatuh Saat Hujan di Jaktim dan Jaksel

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

hujan es

Hujan es terjadi di berbagai wilayah di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Bentuk es yang turun bersama hujan petir itu sebagian cukup besar. Bagaimana penampakannya? Seorang warga Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur, Chandra, mengirimkan gambar hujan es yang mengguyur di wilayah rumahnya. Terlihat butiran es tersebar di pekarangan rumahnya. “Sempat kaget juga bunyi bletak-bletuk, kirain ada yang nimpukin,” ungkap Chandra. Selasa (28/3/2017). Hujan es yang terjadi di wilayah Jakarta Timur memang tidak terlalu lama. Namun butiran es berwarna putih di pekarangan rumah Chandra cukup banyak.

Penjelasan BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendapatkan laporan hujan es di Jakarta Timur. Saat ini potensi hujan es bergeser ke wilayah lainnya.

Kami mendapat laporan hujan es di Jakarta Timur. Sekarang potensi hujan es berada di Bintaro, Pesanggrahan, dan di sekitar wilayah Serpongprakirawan BMKG, Tomi

Proses pembentukan awan, partikel kita menyebut istilah parsel udara ketika dia naik akibat proses konveksi naik ke atas. Ketika sampai, kondisinya sangat jenuh berubah menjadi butir-butir awan, itu akan tumbuh. Kalau proses konvektif di dasar kuat di bawah, awan makin tebal komponen es semakin besar

BNPB : Hujan Es Tak Berdampak Merusak

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, hujan es adalah fenomena alamiah akibat adanya perubahan uap air atau benda gas menjadi benda cair pada suhu udara di bawah titik embun (kondensasi). Kondensasi terjadi di dalam awan kumulonimbus yang melewati batas pendinginan di atmosfer pada lapisan di batas level beku. Istilah hujan es disebut ‘hail’,” ujar Sutopo melalui keterangan tertulisnya, Selasa (28/3/2017).  Menurut Sutopo, hujan es di Jakarta berasal dari awan kumulonimbus bersel tunggal dan berlapis-lapis dengan pertumbuhan vertikal mencapai tinggi 30.000 kaki. Sementara luasan horizontal awan sekitar 3 sampai 5 kilometer. Fenomena hujan es, kata Sutopo, biasanya terjadi pada masa transisi atau peralihan musim.

(Visited 26 times, 1 visits today)